Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pengamalan Ibadah Sholat Siswa Di SMP Negeri 1 Semen

Deadema, Aniela Calista (2023) Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pengamalan Ibadah Sholat Siswa Di SMP Negeri 1 Semen. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932127219_prabab.pdf

Download (3MB)
[img] Text
932127219_bab1.pdf

Download (266kB)
[img] Text
932127219_bab2.pdf

Download (185kB)
[img] Text
932127219_bab3.pdf

Download (214kB)
[img] Text
932127219_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
932127219_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text
932127219_bab6.pdf

Download (49kB)
[img] Text
932127219_daftar_pustaka.pdf

Download (225kB)
[img] Text
932127219_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
932127219_lembar penyataan persetujuan publikasi.pdf

Download (321kB)

Abstract

ANIELA CALISTA DEADEMA. Dosen pembimbing Dr. Noer Hidayah, M.Si dan Nurul Ahsin, M.Pd.I, Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pengamalan Ibadah Sholat Siswa Di SMP Negeri 1 Semen. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2023. Kata Kunci : Pembelajaran, Pengamalan, Ibadah Sholat Dalam kehidupan manusia peran agama menjadi sesuatu yang sangat penting banyak cara ditempuh agar mendapatkan pembelajaran agama yang baik, beberapa cara yang ditempuh adalah melalui Pendidikan sekolah, Pendidikan masyarakat, maupun Pendidikan di lingkungan. Salah satu alasan Pendidikan agama islam mendukung siswa dalam pengamalan ibadah mereka adalah standar kompetensi dari pelajaran Pendidikan agama islam yang berisi kemampuan minimal yang harus dikuasai siswa. Maka dari itu tujuan peneliti melakukan penelitian ini adalah umtuk mengetahui apakah adanya pengaruh terhadap pembelajaran Pendidikan agama islam terhadap pengamalan ibadah sholat siswa. Adapun rumusan masalahnya sebagai berikut: 1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran di SMP Negeri 1 Semen? 2) Bagaimana pengamalan ibadah sholat siswa di SMP Negeri 1 Semen? 3) Bagaimana pengaruh pelaksanaan pembelajaran Pendidikan agama islam terhadap pengamalan ibadah sholat siswa di SMP Negeri 1 Semen? Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif Field Research dengan pendekatan korelasi. SMP Negeri 1 Semen Kabupaten Kediri dipilih peneliti untuk melakukan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang dipilih peneliti adalah menggunakan angket, dengan variabel Pendidikan agama islam dan pengamalan ibadah sholat siswa. Hal pertama yang dilakukan peneliti adalah dengan melakukan analisis data dan melakukan uji normalitas terlebih dahulu. Selanjutnya adalah melanjutkan analisis data dengan melakukan uji validitas dan uji reabilitas dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan kesimpulan yaitu, 1) Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Pengamalan Ibadah Sholat Siswa Di SMP Negeri 1 Semen terbukti berpengaruh karena berdasarkan uji t yang dilakukan peneliti menunjukkan hasil 0,000 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh pembelajaran PAI terhadap pengamalan ibadah sholat siswa. 2) Selain itu juga dibuktikan dengan hasil uji koefisien determinasi (R2) diketahui nilai R Square yaitu sebesar 0,499 atau 49,9 %. Maka dari itu menunjukan bahwa 49,9 % pengamalan ibadah siswa di SMP Negeri 1 Semen dipengaruhi oleh variabel Pendidikan Agama Islam dan 50,1 % dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aniela Calista Deadema
Date Deposited: 09 Oct 2023 02:53
Last Modified: 09 Oct 2023 02:53
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10329

Actions (login required)

View Item View Item