Nafisah, Fina Durrotun (2023) Penerapan Metode Tarjim Pada Pembelajaran Al-Quran Santri TPQ Al Mabrur Kelurahan Bujel Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932125019_prabab.pdf Download (698kB) |
|
Text
932125019_bab1.pdf Download (237kB) |
|
Text
932125019_bab2.pdf Download (198kB) |
|
Text
932125019_bab3.pdf Download (118kB) |
|
Text
932125019_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
|
Text
932125019_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
|
Text
932125019_bab6.pdf Download (93kB) |
|
Text
932125019_daftarpustaka.pdf Download (173kB) |
|
Text
932125019_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
932125019_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (284kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan agar mengetahui lebih luas mengenai penerapan metode tarjim pada pembelajaran Al-Qur’an santri TPQ Al-Mabrur dengan membahas rencana pembelajaran, langkah-langkah, hasil pembelajaran,faktor pendukung dan penghambat serta solusi. Untuk itu dalam sebuah pembelajaran diperlukan metode agar tujuan tercapai dan yang digunakan yakni metode tarjim. Metode tarjim sangat penting karena banyak orang yang pandai membaca Al-Qur’an namun tidak mengerti maknanya. Metode tarjim merupakan sebuah metode pembelajaran Al-Qur’an yang mencakup tata bahasa asing, penghafalan kosakata, dan latihan menulis. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang diperoleh melalui proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah staf guru TPQ, pengajar metode tarjim dan para santri. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran Al-Qur’an dengan metode tarjim di TPQ Al-Mabrur memiliki beberapa langkah-langkah yakni, membaca, menerjemahkan, menjelaskan, menulis, dan tanya jawab, 2) Faktor pendukungnya yaitu: jumlah santri, keaktifan santri, dan kemampuan pendidik, 3) Faktor penghambatnya yaitu: latarbelakang santri yang berbeda, keterbatasan pendidik, durasi waktu, dan konsistensi pendidik dalam mebacakan arti dan penggalan ayat dalam buku tarjim, 4) Solusi yang ditawarkan yakni, pendidik harus lebih mengetahui tentang latarbelakang setiap peserta didiknya agar pendidik dapat menjelaskan dengan cara yang berbeda, ketika pendidik ada udzur dalam mengajar seharusnya pendidik memberi tugas mengulas materi sebelum-sebelumnya, pendidik harus mengemas materi yang akan digunakan dalam waktu satu jam tersebut agar santri mudah untuk memahami, dan pendidik harus selalu konsisten dan memberikan penjelasan mengenai arti yang berbeda itu bukan berarti salah namun terdapat perluasan kosakata. Kata Kunci: Metode Tarjim; Pembelajaran Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fina Durrotun Nafisah |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 02:53 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 02:53 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10328 |
Actions (login required)
View Item |