Maharani, Suci (2023) Pengembangan Media Interaktif Kebud (Keberagaman Suku Dan Budaya) Berbasis Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di SDN Besowo III Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932611219_prabab.pdf Download (849kB) |
|
Text
932611219_bab1.pdf Download (272kB) |
|
Text
932611219_bab2.pdf Download (315kB) |
|
Text
932611219_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
|
Text
932611219_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932611219_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
|
Text
932611219_daftarpustaka.pdf Download (223kB) |
|
Text
932611219_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Suci.pdf Download (266kB) |
Abstract
Dalam pelaksanaan pembelajaran di SDN Besowo III pendidik belum maksimal dalam menggunakan media pembelajaran, hal tersebut menyebabkan peserta didik mudah merasa bosan terhadap proses pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut maka perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian dan pengembangan yaitu: (1) mengembangkan media pembelajaran pada materi keragaman suku dan budaya, (2) mengetahui tingkat kelayakan media powerpoint interaktif pada materi keragaman suku dan budaya, (3) mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media powerpoint interaktif pada materi keragaman suku dan budaya . Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analyze,Design,Development,Implementation,Evaluation). Model ini dikembangkan oleh Branch (2009). Powerpoint interaktif yang telah dikembangkan kemudian divalidasi kepada ahli media,ahli materi,dan ahli bahasa. Selanjutnya diujikan kepada kelompok kecil yang terdiri dari 5 peserta didik di SDN Besowo III dan diujikan ke kelompok besar yang terdiri dari 12 peserta didik di SDN Besowo III. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dalam pengembangan media interaktif berbasis powerpoint materi keragaman suku dan budaya menyatakan bahwa (1) dalam mengembangkan powerpoint interkatif langkah awal dimulai dari menganalisis kebutuhan,kurikulum,dan karakteristik peserta didik. (2) hasil kelayakan media mendapatkan 91% dari ahli media dengan katerogi “sangat layak”, 92% dari ahli materi dengan kategori “sangat layak”, dan 90% dari ahli bahasa dengan kategori “sangat layak”. (3) dapat dipaparkan bahwa hasil belajar siswa mendapatkan rata-rata peningkatan sebesar 45% dilihat dari selisih nilai pretest dan postest setelah menggunakan media. Maka dapat disimpulkan bahwa media powerpoint interaktif ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Suci Maharani |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 04:56 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 02:23 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10323 |
Actions (login required)
View Item |