Rohmawati, Dwi (2023) Pengembangan Media Digital Pop Up Book Pada Materi Tata Surya Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Kelas VI SDN Besowo 3 Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932612519_prabab.pdf Download (455kB) |
|
Text
932612519_bab1.pdf Download (257kB) |
|
Text
932612519_bab2.pdf Download (281kB) |
|
Text
932612519_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) |
|
Text
932612519_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (930kB) |
|
Text
932612519_bab5.pdf Download (176kB) |
|
Text
932612519_daftarpustaka.pdf Download (176kB) |
Abstract
Penelitian tentang “pengembangan media digital pop up book untuk meningkatkan Minat Belajar materi Tata Surya peserta didik kelas VI di SD Negeri Besowo 3 Kediri” dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA pada materi tata surya yang kurang maksimal karena dalam pembelajaran yang dilakukan pendidik belum menggunakan metode pembelajaran dan media pembelajaran yang efektif sehingga peserta didik pasif dalam kelas dan mengakibatkan minat belajar yang didapatkan siswa kelas VI kurang maksimal. Penelitan ini bertujuan untuk :1) Menghasilkan media digital yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. 2) Menganalisis levalidan dan efektivitas media digital pop up book untuk meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas VI SDN Besowo 3 Kediri. Metode penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). penelitian ini menggunakan model ADDIE yang menggunakan lima tahapan penelitian, meliputi: analysis, design, development, implementation dan evaluation. Instrumen pengumpulan data berupa wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Validator ini adalah ahli instrumen angket minat peserta didik, ahli materi dan ahli media. Subjek uji coba adalah peserta didik kelas VI SDN Besowo 3 Kediri yang berjumlah 15 peserta didik. Dari 15 peserta didik dibagi 2 kelompok yaitu 5 siswa di kelompok kecil dan 10 siswa di kelompok besar. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pengembangan Media Digital Pop Up Book melalui tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tahap pengembangan dilakukan desain produk dan validasi para ahli yaitu ahli instrumen angket minat peserta didik, ahli materi dan ahli media. Hasil validasi instrument angket minat peserta didik diperoleh skor 80% dikategorikan “Valid”, hasil validasi ahli materi diperoleh skor 83% dikategorikan “Valid”, dan hasil validasi ahli media mendapatkan skor 82% dikategorikan “Valid”. Oleh karena itu Media Digial Pop Up Book layak untuk digunakan. 2) Efektivitas pengembangan Media Digial Pop Up Book melalui hasil perhitungan dari instrumen angket minat belajar siswa yang dimana peserta didik mengisi dua angket yaitu, angket sebelum menggunakan media dan angket sesudah menggunakan media. Setelah divalidasi kemudian pada uji coba kelompok kecil dengan perolehan hasil akhir N-gain persen 83.4066% dengan kategori “Setuju”, uji coba kelompok besar memperoleh hasil akhir N-Gain persen 92.53% dengan kategori “Sangat Setuju”. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa media digital pop up book ini “ Sangat Layak” sebagai alternatif peserta didik untuk meningkatan minat belajar IPA materi Tata Surya Kelas VI SDN Besowo 3 Kediri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dwi Rohmawati |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 04:09 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 04:09 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10318 |
Actions (login required)
View Item |