Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Di Mts Nu Joho Pace Kabupaten Nganjuk

Qulbiah, Nuzul Azizatul (2023) Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Di Mts Nu Joho Pace Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932136819_bab1.pdf

Download (334kB)
[img] Text
932136819_bab2.pdf

Download (373kB)
[img] Text
932136819_bab3.pdf

Download (256kB)
[img] Text
932136819_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
932136819_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text
932136819_bab6.pdf

Download (163kB)
[img] Text
932136819_daftar pustaka.pdf

Download (187kB)
[img] Text
932136819_Sp.pdf

Download (367kB)

Abstract

QULBIAH NUZUL AZIZATUL, 2023. Upaya Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Di SDN Sawahan 1 Lengkong Nganjuk, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Dosen Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Nur Ahid, M.Ag dan (2) M. Bik Muhtaruddin, M. Th. I. Kata Kunci:Peran Guru PAI, Pendidikan, Karakter Religus, Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu sekolah dasar tingkat umum negeri yaitu SDN Sawahan I Lengkong Nganjuk yang memiliki peserta didik kurang mendapatkan pendidikan karakter religius dilingkungan rumahnya yang mana hal tersebut dikarenakan minimnya pengetahuan orang tua terkait pendidikan karakter religius, sehingga siswa kurang mendapatkan keteladanan dari orang tua dan membuat karakter religius pada diri siswa kurang selain itu, akhir-akhir ini dengan banyaknya kasus kenakalan remaja yang dikhawatirkan peserta didik akan terpengaruh untuk melakukan jika mereka tidak dibekali dengan pendidikan karakter yang baik. Oleh karena itu peneliti tertarik mengupas bagaimana upaya guru PAI dalam membentuk karakter religius peserta didik SDN Sawahan I Lengkong Nganjuk. Penelitian ini terfokuskan pada 1) Apa saja upaya yang dilakukan guru PAI dalam membentuk karakter religius pada peserta didik, 2) Apa saja faktor penghambat yang dialami oleh guru dalam membentuk karakter religius peserta didik, 3) Apa saja faktor pendukung guru PAI dalam membentuk karakter religius peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Agar penelitan berjalan dengan baik maka proses analisa data dilakukan menggunakan tiga teknik yaitu reduksi data, display data, dan conclusion drawing. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa:1)upaya yang dilakukan guru PAI dalam membentuk karakter religius yaitu melalui pembiasaan dan keteladanan dengan melaksanakan kegiatan BTQ, sholat dhuhur dan dhuha berjamaah, hafalan surat-surat pendek, hafalan asmaul husna, penerapan karakter dikelas dan membiasakan peserta didik untuk berlaku sopan santun, ramah, saling tolong menolong dan saling menghomati dan itu didapat dari keteladanan yang dicontohkan oleh bapak ibu guru 2) Faktor penghambat yang dialami guru PAI dalam membentuk karakter religius yaitu karakter yang dimiliki peserta didik sejak lahir, teman sebaya dan lingkungan tempat tinggal 3) Faktor pendukung dalam membentuk karakter religius yaitu: sarana prasana yang mendukung, peran bapak atau ibu guru lain dalam penerapan dan kemauan dari peserta didik itu sendiri untuk berubah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nuzul Azizatul Qulbiah
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:56
Last Modified: 08 Dec 2023 02:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10290

Actions (login required)

View Item View Item