Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Self Acceptance Pada Narapidana Anak Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Blitar

Choirunisa, Saskia Bunga (2023) Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Self Acceptance Pada Narapidana Anak Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933416419_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933416419_bab1.pdf

Download (271kB)
[img] Text
933416419_bab2.pdf

Download (208kB)
[img] Text
933416419_bab3.pdf

Download (211kB)
[img] Text
933416419_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[img] Text
933416419_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
933416419_bab6.pdf

Download (54kB)
[img] Text
933416419_daftarpustaka.pdf

Download (181kB)
[img] Text
933416419_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Choirunisa, Saskia Bunga, 2023. Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Self Acceptance Pada Narapidana Anak Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Blitar. Skripsi, Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sardjuningsih, M.Ag dan (2) Yuli Darwati, M.Si. Kata Kunci: adversity quotient, self acceptance. Seorang anak idealnya berada di tengah keluarga dan merasakan kasih sayang serta suasana rumah yang hangat. Anak-anak yang merupakan anugerah yang diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa kepada setiap orang tua patut untuk mendapatkan pengasuhandan kasih sayang terbaik selama masa hidupnya. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA), memberikan isyarat bahwa anak-anak yang memiliki masalah dengan hukum tidak diperkenankan untuk dihukum sebagaimana narapidana dewasa. Adversity quotient merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi self acceptance pada seseorang yang terjerat dalam kasus hukum. Penelitian ini dilandasi oleh adanya fenomena dimana beberapa anak di bawah pembinaan LPKA Kelas 1 Blitar memiliki self acceptance yang negatif terhadap dirinya. Beberapa dari mereka memutuskan untuk tidak bersedia mengikuti pembelajaran dikarenakan rasa putus asa terhadap masa depannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mix method yaitu kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh dengan 43 responden di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Blitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: tingkat adversity quotient termasuk dalam kategori tinggi sebanyak 18 orang dengan persentase sebesar 42.85%. Tingkat self acceptance termasuk dalam kategori tinggi sebanyak 25 orang dengan persentase sebesar 59,5%. Ada pengaruh yang signifikan antara adversity quotient (X1) terhadap self acceptance (Y). Koefisien determinasi pada tabel R Square sebesar 0.416 yang menunjukkan besaran pengaruh adversity quotient terhadap self acceptance yaitu sebesar 41.6% dan sisanya yaitu sebesar 58.4% dipengaruhi oleh faktor lain seperti pemahaman diri, harapan yang realistis, tidak adanya hambatan- hambatan dari lingkungan, tingkah laku sosial yang mendukung (dukungan sosial), tidak adanya tekanan emosi yang berat, pengaruh keberhasilan yang dialami baik secara kualitatif maupun kuantitatif, identifikasi dengan orang yang mempunyai penyesuaian diri yang baik, cara seseorang melihat diri sendiri (konsep diri) dan pendidikan yang baik pada masa kanak- kanak. Hasil pengaruh signifikan tersebut didukung dengan analisis data kualitatif yang menyatakan bahwa semakin tinggi tingkat adversity quotient pada subjek, maka semakin tinggi pula tingkat self acceptance yang dimilikinya. Hasil wawancara yang dilakukan kepada subjek menunjukkan bahwa subjek memiliki tingkat yang tinggi mengenai adversity quotient. Beberapa aspek adversity quotient yang dikenal dengan COORE (Control, Origin, Ownership, Reach, Endurance) dapat mendukung subjek untuk menerima dirinya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Saskia Bunga Choirunisa
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:05
Last Modified: 04 Oct 2023 07:05
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10253

Actions (login required)

View Item View Item