Saputro, Dicky (2023) Peran Orang Tua Dalam Internalisasi Teologis Anak Pada Era Digital di Desa Puhsarang Kecamatan Semen Kabupaten yang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933100218_prabab.pdf Download (311kB) |
|
Text
933100218_bab1.pdf Download (303kB) |
|
Text
933100218_bab2.pdf Download (280kB) |
|
Text
933100218_bab3.pdf Download (181kB) |
|
Text
933100218_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
|
Text
933100218_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
|
Text
933100218_bab6.pdf Download (82kB) |
|
Text
933100218_daftarpustaka.pdf Download (552kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (103kB) |
Abstract
Mengajarkan teologi agama kepada anak merupakan salah satu tanggung jawab orang tua sebagai lingkungan pertama bagi anak. Pada era digital dimana teknologi semakin berkembang, menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua untuk mengajarkan teologi agama pada anak. Tantangan yang lebih besar tentunya terjadi di daerah yang memiliki lebih dari satu agama seperti Desa Puhsarang, dimana setiap warga masyarakat memiliki tradisi atau kebiasaan yang majemuk, sehingga mereka secara langsung bisa saling berinteraksi satu sama lain. Inilah yang menjadi tantangan bagi orang tua untuk mengajarkan teologi pada anak ditengah perubahan lingkungan dan juga interaksi dengan kebiasaan atau tradisi yang ada di sekitarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu mendapatkan data perangkat desa setempat dan warga desa melalui wawancara, kemudian melakukan pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa era digital membawa perubahan yang sangat besar terutama pada pola hidup masyarakat di Desa Puhsarang. Orang tua perlu memperkenalkan kebiasaan-kebiasaan yang ada di lingkungan kepada anak terutama yang bersangkutan dengan masalah membiasakan diri dalam menggunakan nilai-nilai agama dalam setiap aktivitas. Orang tua juga harus memperhatikan perubahan-perubahan yang ada di lingkungan sekitar baik dari kebiasaan masyarakat maupun perubahan pola kehidupan masyarakat yang menjadi faktor berpengaruh terhadap internalisasi teologi pada anak. Orang tua juga harus melakukan beberapa tahapan dalam internalisasi teologi pada anak. Dari proses pengenalan yang memperkenalkan kebiasaan-kebiasaan yang ada di masyarakat kepada anak. Proses mengajarkan anak untuk membiasakan diri dengan keadaan lingkungan sekitar terutama dalam membiasakan diri dengan perubahan-perubahan yang ada di lingkungan, baik dari segi tradisi maupun perubahan karena kemajuan teknologi. Menjadikan kebiasaan-kebiasaan yang diajarkan sebagai bagian dari kehidupan di masyarakat.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220402 Comparative Religious Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Studi Agama-agama |
Depositing User: | Dicky Saputro |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 06:32 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 06:32 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10227 |
Actions (login required)
View Item |