Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Papan Konversi Satuan Panjang Dan Berat Pada Materi Pengukuran Panjang Dan Berat Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas II MI Salafiyah Badas

Hamidah, Fitri Nur (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Papan Konversi Satuan Panjang Dan Berat Pada Materi Pengukuran Panjang Dan Berat Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas II MI Salafiyah Badas. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932607119_prabab.pdf

Download (824kB)
[img] Text
932607119_bab1.pdf

Download (279kB)
[img] Text
932607119_bab2.pdf

Download (282kB)
[img] Text
932607119_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
932607119_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (844kB)
[img] Text
932607119_bab5.pdf

Download (104kB)
[img] Text
932607119_daftarpustaka.pdf

Download (151kB)
[img] Text
932607119_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
932607119_Fitri Nur Hamidah.pdf

Download (140kB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran papan konversi satuan panjang dan berat pada mata pelajaran matematika di MI Salafiyah dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang mendukung sehingga menyebabkan pemahaman peserta didik kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan media papan konversi satuan panjang dan berat untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas II di MI Salafiyah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian (Research And Development) model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validasi ahli media 1 mendapat skor 100% kategori sangat layak, dari ahli media 2 mendapat skor 89,5 % kategori sangat layak dan dari 2 ahli materi mendapat skor 100% kategori sangat layak. Peningkatan pemahaman dilihat dari hasil pretest dan posttest kemudian dilakukan perhitungan N-Gain Score. Hasil perhitungan N-Gain Score sebesar 0,67 yang berada dalam rentang 0,3 ≤ n-gain ≤ 0,7 dengan kriteria peningkatan sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fitri Nur Hamidah
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:55
Last Modified: 03 Oct 2023 02:55
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10215

Actions (login required)

View Item View Item