Azizah, Nur (2023) Pengaruh Pembelajaran Metode Ummi Terhadap Minat Belajar Al-Qur'an Pada Santri Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri Pengaruh Pembelajaran Metode Ummi Terhadap Minat Belajar Al-Qur'an Pada Santri Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932121519_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932121519_bab1.pdf Download (576kB) |
|
Text
932121519_bab2.pdf Download (546kB) |
|
Text
932121519_bab3.pdf Download (586kB) |
|
Text
932121519_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (669kB) | Request a copy |
|
Text
932121519_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) | Request a copy |
|
Text
932121519_bab6.pdf Download (294kB) |
|
Text
932121519_daftarpustaka.pdf Download (405kB) |
|
Text
932121519_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (255kB) |
Abstract
Nur Azizah, Dosen Pembimbing Moh. Zainal Fanani, M.Pd.I dan Achmad Fahroni, M.Pd.I. : “Pengaruh Pembelajaran Metode Ummi Terhadap Minat Belajar Al-Qur’an Pada Santri Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri”. Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Kediri 2023. Kata Kunci : Pembelajaran Metode Ummi dan Minat Belajar Al-Qur’an. Pembelajaran Metode Ummi adalah pembelajaran membaca al-Qur’an, yang dalam pembelajarannya langsung memasukkan dan mempratekkan bacaan tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Sedangkan minat belajar adalah ketertarikan setiap individu untuk menyukai suatu hal yang berkaitan dengan pembelajaran dengan ditandai adanya perubahan perilaku dari yang tidak tahu menjadi tahu, selain itu juga ditunjukkan melalui antusias atau keaktifan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran metode ummi terhadap minat belajar al-Qur’an pada santri Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Pembelajaran Metode Ummi di Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri; 2) Bagaimana Minat Belajar Al-Qur’an di Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomuyo Kota kediri; 3) Bagaimana Pengaruh Pembelajaran Metode Ummi Terhadap Minat Belajar Al-Qur’an di Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi dan regresi linier sederhana. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket dengan jumlah populasi 238 santri kemudian di ambil sampel sebanyak 150 santri dan analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana, selain itu peneliti juga melakukan observasi dan dokumentasi di Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran Metode ummi dikategorikan sedang dengan nilai rata-rata (mean) variabel X sebesar 57,59; 2) Minat belajar al-Qur’an dikategorikan sedang dengan nilai rata-rata (mean) variabel Y sebesar 99,95; 3) Terdapat hubungan yang kuat dengan nilai Pearson Correlation sebesar 0,639 dengan signifikan 0,000 sehingga dapat dikatakan Ha diterima dan Ho ditolak, berarti terdapat pengaruh pembelajaran metode ummi terhadap minat belajar al-Qur’an dengan besarnya pengaruh pembelajaran metode ummi sebesar 0,390 atau sebesar 39% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti aspek jasmaniah, aspek psikologi, aspek keluarga, dan aspek lingkungan masyarakat yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Azizah |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 03:22 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 03:22 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10185 |
Actions (login required)
View Item |