Hamidah, Radinda Rofiatul (2023) Strategi Pengasuh Dalam Mengatasi Problematika Hafalan Al Qur'an di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur'an Ma'unah Sari Azzuhriyyah Kediri

Hamidah, Radinda Rofiatul (2023) Hamidah, Radinda Rofiatul (2023) Strategi Pengasuh Dalam Mengatasi Problematika Hafalan Al Qur'an di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur'an Ma'unah Sari Azzuhriyyah Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932111919_prabab.pdf

Download (494kB)
[img] Text
932111919_bab1.pdf

Download (332kB)
[img] Text
932111919_bab2.pdf

Download (380kB)
[img] Text
932111919_bab3.pdf

Download (127kB)
[img] Text
932111919_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
932111919_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
932111919_bab6.pdf

Download (167kB)
[img] Text
932111919_daftarpustaka.pdf

Download (178kB)
[img] Text
932111919_lampiranlampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
932111919_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (17).pdf

Download (111kB)

Abstract

ABSTRAK Hamidah, Radinda Rofiatul. Dosen pembimbing I Dr. Untung Khoiruddin,M.Pd.I. Dosen pembimbing II Agus Dwi Santosa, M.Pd.I. Strategi Pengasuh Dalam Mengatasi Problematika Hafalan Al Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an Ma’unah Sari Az-Zuhriyyah Kediri. Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. 2023. Kata Kunci: Strategi Pengasuh, Problematika Menghafal Al Qur’an. Menghafal Al Qur’an ialah menghafal sesuai urutan-urutan Al Qur’an dengan memulai hafalan dari surat Al Fatihah sampai An Nas dengan tujuan beribadah, memelihara, dan menjaga kalam Allah SWT. Dalam menghafal membutuhkan kesungguhan untuk menyelesaikannya 30 juz. Dalam proses menghafal tidak lepas dari problematika. Dalam hal ini strategi pengasuh sangat dibutuhkan para santri yang sedang menghafal, sebab mereka membutuhkan bimbingan dalam menghafal. Tujuan penelitian di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an Ma’unah Sari Az-Zuhriyyah Kediri adalah: (1) Mengetahui dan memahami strategi pengasuh dalam mengatasi problematika hafalan Al Qur’an, (2) Memahami problematika yang dialami ole santri dalam menghafal, (3) Mengetahui dan memahami solusi dalam mengatasi problematika dan menjaga hafalan Al Qur’an. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif dalam penelitian. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Teknik analisis secara deskriptif yang akan diperoleh melalui pendekatan kualitatif. Hasil penelitian di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an Ma’unah Sari Az-Zuhriyyah Kediri, menunjukkan yaitu: (1) Strategi pengasuh adalah sebelum menghafal santri harus sudah bisa membaca Al Qur’an dengan fasih, menggunakan beberapa program yaitu strategi pengulangan secara berkelompok, tidak berganti-ganti Al Qur’an ketika menghafal, sehari setor hafalan dua kali. (2) Problematika santri dalam menghafal Al Qur’an prioritasnya adalah disebabkan karena malas, tidak muroja’ah, sulit mengatur waktu, dan tidak sungguh-sungguh. (3) Solusi untuk mengatasi problematika dan menjaga hafalan Al Qur’an dengan adanya tata tertib, program wirid Al Qur’an, membuat waktu khusus untuk muroja’ah, memaksa diri untuk muroja’ah, membiasakan diri qiyamul lail.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Radinda Rofiatul Hamidah
Date Deposited: 11 Dec 2023 03:27
Last Modified: 11 Dec 2023 03:27
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10177

Actions (login required)

View Item View Item