Suryono, Ahmad (2015) Metode Penugasan Sebagai Langkah Pengembangan Tarjamah Pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas XI Bahasa di MA HM Tribakti Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932502710-prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932502710-bab1-3.pdf Download (1MB) |
|
Text
932502710-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932502710-bab5.pdf Download (639kB) |
|
Text
932502710-daftar pustaka.pdf Download (690kB) |
|
Text
932502710-lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Sebagaimana yang telah kita ketahui, bahwasanya tarjamah itu termasuk kemampuan berbahasa yang sulit, maka seorang pengajar membutuhkan tehnik mengajar dan metode pengajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan tarjamah siswa pada pelajaran bahasa Arab, diantaranya penugasan. Penugasan termasuk media pembelajaran yang dapat merangsang ide siswa dengan dihadirkannya cerita-cerita berbahasa arab yang diperolehya dari apa yang sudah mereka baca kedalam sebuah tulisan. Dan media ini sesuai untuk pembelajaran tarjamah karena bisa membantu siswa untuk berpikir secara aktif. Penelitian ini dari jenis PTK dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa di MA HM Tribakti Kediri. Tindakan ini membutuhkan dua siklus yaitu siklus pertama dan siklus kedua. Rumusan masalah pada penelitian ini 1) Bagaimana kondisi pembelajaran tarjamah dalam pelajaran bahasa arab untuk siswa kelas XI di MA HM Tribakti Kediri?. 2)Apakah metode penugasan mampu mengembangkan tarjamah dalam pembelajaran bahasa arab di kelas XI di MA HM Tribakti Kediri?. Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data observasi, tes, wawancara, dokumentasi. Dan pelaksanaannya menggunakan empat cara, diantaranya menyusun langkahlangkah dan pelaksanaan pembelajaran, observasi dan penilaian. Kesimpulan penelitian yaitu Penerapan Metode Penugasan mampu meningkatkan kemampuan siswa kelas XI MA HM Tribakti di dalam tarjamah. Bukti sebagaimana peneliti lihat dari observasi kepada siswa adalah bahwasanya Penerapan Media Pembelajaran penugasan di dalam belajar tarjamah sangat baik. Hal itu bisa dilihat dari peningkatan pemahaman siswa. Mereka menyukai cara belajar dengan media pembelajaran penugasan agar tidak merasa bosan dan memunculkan rasa kebebasan. Dengan adanya penugasan dapat memunculkan ide didalam tarjamah. Begitu juga sebagaimana kita tahu nilai rata-rata siswa pada siklus pertama 69 dengan ketuntasan siswa 47%. Dan pada siklus kedua nilai ratarata siswa 72 dengan ketuntasan siswa 68%. Alhamdulillah peneliti dapat meningkatkan kemampuan tarjamah dengan menggunakan metode pembelajaran penugasan untuk siswa kelas XI MA HM Tribakti.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 20040910 'Ilmu al-Lughah al-Nafsiy (Arabic Psycholinguistics) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 04:29 |
Last Modified: | 12 Feb 2020 04:29 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1017 |
Actions (login required)
View Item |