Rohmah, Bintan Millatur (2023) Peran Guru TPA Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Tilawati Di TPA/Madin Takmiliyah Awwaliyah Nurul Huda Ujungpangkah Gresik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932103719_PRABAB.pdf Download (580kB) |
|
Text
932103719_BAB I.pdf Download (540kB) |
|
Text
932103719_BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
932103719_BAB III.pdf Download (338kB) |
|
Text
932103719_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) |
|
Text
932103719_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) |
|
Text
932103719_BAB VI&Daftarpustaka.pdf Download (426kB) |
|
Text
932103719_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (188kB) |
Abstract
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Peran guru TPA dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode tilawati di TPA Nurul Huda/MADIN Ujungpangkah Gresik yaitu: pembelajaran menggunakan metode tilawati yaitu dengan pendekatan klasikal dan dengan tehnik baca simak dan menggunakan lagu rost. Peran guru diantaranya; Guru sebagai pendidik yaitu guru mampu mendidik dengan baik dan sabar, Guru sebagai mediator dan fasilitator yaitu guru memberikan mediator yang baik seperi buku pegangan, Al-Qur’an tilawati dan fasilitator terbaik dengan berhadapan langsung dengan santri, Guru sebagai model dan teladan yaitu memberikan contoh sikap dan bertutur kata yang baik dan sopan, Guru sebagai motivator yairu dengan memberikan pujian dan nilai + untuk santri yang berprestasi, Guru sebagai pembimbing yaitu membimbing santrinya dengan baik yaitu memberikan perhatian lebih kepada santri yang kurang bisa membaca Al-Qur’an dengan baik. Dan guru di TPA/MADIN ini sudah mampu menjalankan peran guru dengan baik dan mampu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri melalui metode tilawati dengan baik. 2) Faktor pendukung guru TPA dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an meliputi; sertifikasi guru, dukungan dan respon positif dari orang tua, sarana dan prasarana. Sedangkat faktor penghambatnya meliputi; Kurangnya minat santri terhadap membaca Al-Qur’an, teman yang cenderung mengajak negatif, kurangnya kehadiran santri dalam proses bembelajaran, dan kurangnya alokasi waktu. Faktor internal dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode tilawati meliputi; Minat, Bakat, dan Motivasi. Sedangkan faktor eksternalnya meliputi; Lingkungan sosial dan Bimbingan orang tua.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Bintan Millatul Rohmah |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 04:00 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 04:00 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10169 |
Actions (login required)
View Item |