Ayni, Nur (2023) Pendidikan Moral Bagi Anak Dalam Penafsiran Al-Qur’an Dan Implementasinya Di Era Modern. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933800419_prabab.pdf Download (529kB) |
|
Text
933800419_bab1.pdf Download (285kB) |
|
Text
933800419_bab2.pdf Download (561kB) |
|
Text
933800419_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
|
Text
933800419_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
|
Text
933800419_bab5.pdf Download (85kB) |
|
Text
933800419_daftarpustaka.pdf Download (158kB) |
|
Text
933800419_sp.pdf Download (168kB) |
Abstract
Pendidikan mengajarkan manusia untuk melahirkan generasi yang baik. Generasi,yang selalu menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya sesuai yang termaktub dalam al-Qur’an, agar kita tidak mewariskan generasi yang lemah. Pendidikan agama mengajarkan tentang nilai-nilai sosial, ibadah, moral, dan ketauhidan. Keberhasilan pendidikan agama tercermin dalam tingkah laku masyarakat yang berakhlak baik, memiliki kepedulian sosial yang bagus, masyarakat yang rajin beribadah, dan taat kepada Allah. Apabila di dalam suatu masyarakat ada banyak masalah atau perilaku itu menunjukkan bahwa pendidikan agama belum mampu diterima oleh masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu penelitian kepustakaan (library research), dengan menggunakan sumber primer adalah kitab al-Qur’an dan kitab-kitab tafsir. Sumber sekunder diambil dari berbagai kitab, buku, jurnal, skripsi, yang berkaitan dengan penilitian ini. Skripsi ini diharapkan mampu menyuburkan iman dan mengembangkan pendidikan agama Islam di masyarakat yang sudah lama gersang akibat lalai kewajibannya sebagai beragam umat Islam. Penelitian ini menunjukkan bahwa moral pendidikan agama bagi anak ini sangat penting di era milenal ini. Seorang wanita kelak akan mendidik anak-anak mereka, sehingga menjadi wanita yang cerdas dan pintar dalam kurikulum rumah tangga menjadi sebuah keharusan. Terkait dengan pendidikan anak, mengasuh anak merupakan suatu hal yang penting diperhatikan oleh orangtua dan para pendidik, agar pola asuh anak tersebut mampu menciptakan kecerdasan dan karakter yang baik pada anak. Pola asuh anak juga harus dilakukan oleh orangtua harus berbasis nilai-nilai Qur’ani, yaitu melalui kasih sayang, cinta dan keikhlasan, kejujuran, dan tanggungjawab yang harus diajarkan kepada seorang anak. Di sisi lain, hak-hak dan kewajiban yang harus mereka ketahui juga. Mendidik dan mengasuh anak juga termasuk kewajiban seorang ibu, maka dari itu di zaman yang milenial ini, kita sebagai calon ibu harus menjadi seorang pendidik yang cerdas juga pintar bagi anak-anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040303 Al-Qur'an and Related Science (Al-Qur’an dan Ilmu yang Berkaitan) > 2204030301 Knowledge of the Qur'an (Ilmu Al-Qur’an) |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir |
Depositing User: | Nur Ayni |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 08:25 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 08:25 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10144 |
Actions (login required)
View Item |