Rohman, Navida Aini (2023) Pengembangan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menyimak Peserta Didik Kelas II MI Nasyiatul Mubtadi'in Wates Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932601019-PRABAB.pdf Download (605kB) |
|
Text
932601019-BAB I.pdf Download (238kB) |
|
Text
932601019-BAB II.pdf Download (211kB) |
|
Text
932601019-BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
|
Text
932601019-BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
|
Text
932601019-BAB V.pdf Download (167kB) |
|
Text
932601019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) |
|
Text
932601019_Surat pernyataan publikasi (1).pdf Download (845kB) |
Abstract
Kurangnya efektivitas belajar pada kegiatan belajar mengajar membuat peserta didik cepat bosan, gagal fokus dan gaduh didalam kelas. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan upaya yang lebih baik dari pendidik dalam memilih dan menerapkan strategi, metode, dan media pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bahwa fungsi media yang dapat menunjang keberhasilkan suatu proses pembelajaran di dalam kelas, salah satunya yaitu pengembangan media berupa media boneka tangan dengan kelengkapan panggung boneka sebagai latar tempat kejadian. Penerapan media pembelajaran boneka tangan dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menyimak atau mendengar peserta didik materi dongeng kelas II MI Nasyiatul Mubtadi’in Kabupaten Kediri. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah jenis penelitian Research And Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation) dengan langkah yang ditempuh yaitu meliputi tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (Kuisioner). Data analisis melalui cara analisis tingkat kevalidan prduk dan analisis data uji coba menggunakan uji-t. Hasil penelitian dan pengembangan: 1) Tahap pengembangan media yang pertama analisis yang dilakukan dengan analisis kurikulum, analisis kompetensi dasar yang di tuntut peserta didik, analisis materi sesuai dengan tuntutan kompetensi, analisis kebutuhan peserta didik, analisis karakteristik peserta didik. Tahap kedua yaitu desain yang meliputi 3 tahapan pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Tahap ketiga pengembangan dilakukan penyesuaian dengan struktur model tahapan perencanaan. Tahap keempat yaitu implementasi yang dilakukan dengan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Tahap yang kelima yaitu evaluasi terhadap produk untuk diperbaiki berdasarkan saran yang diperoleh. 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli media, ahli bahasa dan materi. Uji coba dilakukan pada 22 peserta didik kelas IIC MI Nasyiatul Mubtadi’in Wates Kabupaten Kediri. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran boneka tangan telah dinyatakan layak oleh validator media 89,28% oleh validator bahasa 89,28% oleh validator materi 100%. 3) Hasil uji coba media pada peserta didik terdapat perbedaan saat peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media boneka tangan dalam ketrampilan menyimak dongeng. dapat dilihat dari hasil pre-test rata-rata 70,74% dan nilai post-test rata-rata 94,54%
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Navida Aini Rohman |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 02:32 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 02:32 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10131 |
Actions (login required)
View Item |