Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII Mts Salafiyah Syafi'iyah Seblak Jombang

Basiroh, Nadhirotul (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII Mts Salafiyah Syafi'iyah Seblak Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932134719_prabab.pdf

Download (3MB)
[img] Text
932134719_bab1.pdf

Download (239kB)
[img] Text
932134719_bab2.pdf

Download (236kB)
[img] Text
932134719_bab3.pdf

Download (319kB)
[img] Text
932134719_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
932134719_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
932134719_bab6.pdf

Download (90kB)
[img] Text
932134719_daftarpustaka.pdf

Download (175kB)
[img] Text
932134719_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
932134719_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (82kB)

Abstract

Pendidikan adalah sebuah usaha sadar dan terencana dalam mewujudkan sarana serta proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Untuk mewujudkan pendidikan tersebut dibutuhkan sebuah pembelajaran yang optimal. Dalam hal ini seorang guru memegang peranan penting dalam keberlangsungan kegiatan pengajaran, salah satunya dengan adanya pemilihan model pembelajaran. Dengan pemilihan model pembelajaran yang tepat akan membuat peserta didik merasa terdorong untuk berpikir kreatif dan bertanggung jawab atas apa yang telah mereka pelajari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model Problem Based Learning efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas siswa kelas VIII MTs Salafiyah Syafi''iyah Seblak Jombang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan jenis true experimental design dan desain yang digunakan adalah posttest only control design, yakni eksperimen yang menempatkan subyek penelitian ke dalam dua kelas yang dibedakan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII MTs Salafiyah Syafi’iyah Seblak Jombang. sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII D yang berjumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E yang berjumlah 19 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Adapun dari data yang terkumpul akan diuji hipotesis untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa. Hasil penelitian uji-T menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa (mean) pada kelas eskperimen adalah sebesar 84,12, sedangkan pada kelas kontrol adalah sebesar 74, 38. Selain itu, hasil uji-t juga menyatakan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,005 < 0,05, dan diperoleh nilai t-hitung (2,974) > t-tabel (1,688). Maka dengan ini dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan dengan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas VIII MTs Salafiyah Syafi’iyah Seblak Jombang.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadhirotul Basiroh
Date Deposited: 29 Sep 2023 06:50
Last Modified: 29 Sep 2023 06:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10120

Actions (login required)

View Item View Item