Implementasi Metode Qiro’ati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Mi Hidayatut Thowalib Dusun Tegalsari Desa Tulungrejo Kec. Pare Kab. Kediri

Anggraini, Dita (2023) Implementasi Metode Qiro’ati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Mi Hidayatut Thowalib Dusun Tegalsari Desa Tulungrejo Kec. Pare Kab. Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932104419_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932104419_bab1.pdf

Download (519kB)
[img] Text
932104419_bab2.pdf

Download (897kB)
[img] Text
932104419_bab3.pdf

Download (517kB)
[img] Text
932104419_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[img] Text
932104419_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
932104419_bab6.pdf

Download (288kB)
[img] Text
932104419_daftarpustaka.pdf

Download (400kB)
[img] Text
932104419_Lampiran&suratpernyataan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan membaca al-Qur’an merupakan kemampuan membaca al-Qur’an yang benar sesuai ilmu tajwid. Dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an harus diperhatikan metode yang digunakan. Metode qiraati merupakan metode membaca al-Qur’an yang langsung mempraktekkan bacaan tartil yang sesuai dengan qoidah ilmu tajwid yang praktis, sederhana, dan juga dapat dilakukan sedikit demi sedikit yang artinya tidak menambah ke halaman selanjutnya sebelum membaca dengan lancar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Jenis penelitiannya studi kasus.Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Untuk menguji kebasahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan serta trianggulasi. Hasil penelitian ini sudah sesuai dengan fokus penelitian yaitu: 1) Penerapan metode qiraati yang pertama membaca do’a do’a, yang kedua membaca surah-surah pendek sebelum pembelajaran al-Qur’an, ketiga pembelajaran secara klasikal dan keempat pembelajaran secara individual. 2) Faktor pendukung dalam penerapan metode qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca yaitu Ustadzah dan ustadz yang bersyahadah, sarana prasarana pembelajaran yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya kurangnya konsentrasi belajar, kurang memahami ilmu tajwid. 3) Usaha ustadz dan ustadzah dalam mengatasi kesulitan pada penerapan metode qiraati yaitu memberi nasihat, dan penguasaan ilmu tajwid.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dita Anggraini
Date Deposited: 21 Sep 2023 07:28
Last Modified: 21 Sep 2023 07:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10089

Actions (login required)

View Item View Item