Mudawamah, Risa (2023) Implementasi Buku Haid Pemula Pada Pembelajaran Haid Dan Istihadah Di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Tarokan Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932104819_prabab.pdf Download (720kB) |
|
Text
932104819_bab1.pdf Download (334kB) |
|
Text
932104819_bab2.pdf Download (392kB) |
|
Text
932104819_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
|
Text
932104819_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
|
Text
932104819_bab5.pdf Download (195kB) |
|
Text
932104819_daftarpustaka.pdf Download (179kB) |
|
Text
932104819_lampiran&suratpernyataan.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran seputar haid dan istihadah merupakan pembahasan yang berhubungan dengan darah wanita pada fikih kewanitaan. Mempelajari fikih kewanitaan sangat penting bagi wanita yang sudah baligh agar setiap wanita dapat memahami kaidah-kaidah syari’at islam yang diajarkan dalam agama untuk menunaikan kewajiban yang diperintah Allah. Pembelajaran haid dan istihadah diterapkan di Pondok Pesantren Putri Al-Ikhlas agar santri mengetahui ilmu fikih kewanitaan sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan. Pembelajaran ini menggunakan Buku Haid Pemula sebagai bahan ajar pembelajaran. Adapun fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dari implementasi buku Haid Pemula pada pembelajaran haid dan istihadah di Pondok Pesantren Putri Al-Ikhlas Tarokan Kediri? 2) Apa faktor penghambat dan faktor pendukung dari implementasi buku Haid Pemula pada pembelajaran haid dan istihadah? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi dan membercheck. Model analisis data yang digunakan menggunakan teori Miles dan Hubermen Hasil penelitian ini Pertama, implementasi Buku Haid Pemula pada pembelajaran haid dan istihadah terdiri dari 3 tahap yaitu: 1) Perencanaan, meliputi: tujuan pembelajaran, pemilihan bahan ajar, pemilihan media pembelajaran, penyusunan instrumen penilaian. 2) Pelaksanaan, meliputi: kegiatan membuka pelajaran (salam, berdoa, mengingat materi sebelumnya), penyampaian materi (menggunakan metode ceramah, tanya jawab, Problem Solving, atau diskusi), penutupan (kesimpulan, refleksi, dan doa). 3) Evaluasi, evaluasi dilaksanakan setelah rangkaian pembelajaran telah selesai dengan tes tulis. Kedua, faktor penghambat pembelajaran antara lain: antusias dan keaktifan santri, kemampuan intelektual, bahan ajar, sarana dan prasarana. Sedangkan faktor pendukung pembelajaran antara lain: bahan ajar, faktor lingkungan, dan faktor guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Risa Mudawamah |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 07:37 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 07:37 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10088 |
Actions (login required)
View Item |