Strategi Guru BTQ Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur'an Di TPQ Sabilul Huda Desa Sidokare, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk

Hikmah, Nurul Hidayatul (2023) Strategi Guru BTQ Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur'an Di TPQ Sabilul Huda Desa Sidokare, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932118319_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932118319_bab1.pdf

Download (488kB)
[img] Text
932118319_bab2.pdf

Download (765kB)
[img] Text
932118319_bab3.pdf

Download (303kB)
[img] Text
932118319_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB)
[img] Text
932118319_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text
932118319_bab6.pdf

Download (261kB)
[img] Text
932118319_daftarpustaka.pdf

Download (383kB)
[img] Text
Lembar pernyataan Nurul.pdf

Download (196kB)

Abstract

Hikmah, Nurul Hidayatul. Dosen Pembimbing Dr. Untung Khoiruddin, M.Pd.I. dan Masrul Isroni Nurwahyudi, M.A. Strategi Guru BTQ dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur‟an di TPQ Sabilul Huda Desa Sidokare, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk. Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. 2023.Kata kunci: Strategi Guru BTQ, Meningkatkan Kefasihan Membaca Al�Qur‟anPenelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya strategi yang tepat yaitu strategi klasikal dan privat dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur‟an, sehingga dapat menghasilkan santri yang berprestasi dapat dibuktikan dengan beberapa prestasi seperti juara 2 lomba MTQ (Mutsabaqoh Tilawatil Qur‟an), juara 1 tahfidz, juara 1 dan 2 tartil dan juara 1 hafalan juz 30. Karena itu penulis ingin mendalami tentang Strategi Guru BTQ dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur‟an di TPQ Sabilul Huda Sidokare, Rejoso, Nganjuk. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan, metode, media, dan evaluasi yang dilakukan guru BTQ dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur‟an di TPQ Sabilul Huda Desa Sidokare, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus karena bertujuan untuk mengetahui strategi guru BTQ dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur‟an di TPQ Sabilul Huda. Adapun prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Agar penelitian berjalan dengan baik maka proses analisis data dilakukan menggunakan tiga teknik yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data yaitu dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan guru BTQ dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur‟an di TPQ Sabilul Huda Ds. Sidokare, Kec. Rejoso, Kab. Nganjuk meliputi menentukan tujuan pembelajaran, menentukan kelas dan waktu pembelajaran, menentukan guru yang mengajar, menentukan strategi pembelajaran. 2) Metode yang digunakan guru BTQ dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur‟an di TPQ Sabilul Huda Ds. Sidokare, Kec. Rejoso, Kab. Nganjuk meliputi metode An-Nahdliyah dengan cara penyampaian menggunakan metode demonstrasi, metode drill, metode tanya jawab, metode ceramah. 3) Media yang digunakan guru BTQ dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur‟an di TPQ Sabilul Huda Ds. Sidokare, Kec. Rejoso, Kab. Nganjuk meliputi Flash cards huruf hijaiyyah, papan tulis, buku An-Nahdliyah jilid 1-6, dan Patung rongga tenggorokan. 4) Evaluasi yang digunakan guru BTQ dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur‟an di TPQ Sabilul Huda Ds. Sidokare, Kec. Rejoso, Kab.Nganjuk meliputi evaluasi harian, evaluasi tingkatan atau ujian kenaikan jilid, dan evaluasi kenaikan kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Hidaytul Hikmah
Date Deposited: 21 Sep 2023 06:13
Last Modified: 21 Sep 2023 06:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10083

Actions (login required)

View Item View Item