Strategi Guru Baca Tulis Qur'an (BTQ) Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur'an Melalui Metode Tartil Siswa Kelas 7 Mts Al-Amien Kota Kediri

Ngaaisy, Hafshoh Labiibah Ngulayyah (2023) Strategi Guru Baca Tulis Qur'an (BTQ) Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur'an Melalui Metode Tartil Siswa Kelas 7 Mts Al-Amien Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932101919_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932101919_bab1.pdf

Download (214kB)
[img] Text
932101919_bab2.pdf

Download (302kB)
[img] Text
932101919_bab3.pdf

Download (118kB)
[img] Text
932101919_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB)
[img] Text
932101919_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
932101919_bab6.pdf

Download (90kB)
[img] Text
932101919_daftarrujukan.pdf

Download (161kB)
[img] Text
932101919_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
932101919_suratpernyataan.pdf

Download (103kB)

Abstract

HAFSHOH LABIIBAH NGULAYYAH NGAAISY, Dosen Pembimbing Dr. UNTUNG KHOIRUDDIN, M. Pd. I dan AHMAD FAHRONI, M. Pd, Strategi Guru Baca Tulis Qur’an (BTQ) dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Melalui Metode Tartil Siswa Kelas 7 MTs Al- Amien Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Strategi Guru BTQ, Metode Tartil, Kualitas Membaca Al- Qur’an. Membaca Al-Qur’an bagi umat muslim merupakan ibadah kepada Allah SWT. Untuk itu seorang anak haruslah diberikan pemahaman serta dibiasakan untuk membaca Al-Qur’an sejak dini. Membaca Al-Qur’an memang tidak mengutamakan pada penyerapan dan pemahaman melalui transfer informasi semata, tetapi lebih mengutamakan pada pengembangan kemampuan. Untuk itu kemampuan santri perlu dikembangkan melalui peran aktif dan latihan-latihan atau kegiatan-kegiatan yang mampu menunjang kemampuan membaca Al-Qur’an. Metode tartil adalah cara membaca Al-Qur’an dengan cara pelan dan perlahan serta mengucapkan huruf-huruf dari makhrajnya dengan tepat. Membaca dengan pelan dan tepat maka dapat terdengar dengan jelas masing-masing hurufnya, dan tajwid nya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui strategi guru baca tulis qur’an (BTQ) dalam meningkatkan kualitas membaca al- qur’an siswa kelas 7 MTs Al- Amien Kota Kediri, (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi guru baca tulis qur’an (BTQ) dalam meningkatkan kualitas membaca al- qur’an melalui metode tartil siswa kelas 7 MTs Al- Amien Kota Kediri.Penulis melakukan penelitian secara deskriptif, sehingga hasil yang diperoleh berupa data yang terurai. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa metode tartil sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an bagi siswa. Dan hal ini juga didukung oleh strategi guru dan beberapa faktor pendukung dalam proses pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa strategi yang digunakan oleh guru BTQ meliputi: pengelompokkan siswa, memberi contoh bacaan, penyampaian makharijul huruf, system sorogan, dan hafalan surat. adapun yang menjadi faktor pendukung adalah adanya reward, adanya quiz dan game soal, adanya buku maupun media cetak, adanya minat dari siswa, dan adanya dukungan dari sekolah. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah rasa malas dan bosan siswa, kurangnya alokasi waktu, kurangnya kesadaran siswa, adanya teman yang usil, dan ilmu pengetahuan al-qur’an siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hafshoh Labiibah Ngulayyah Ngaaisy
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:09
Last Modified: 18 Sep 2023 08:09
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10059

Actions (login required)

View Item View Item