Widiastuti, Meilia (2023) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di SMP Plus Darussalam Kelurahan Bawang Kecamatan Pesantren. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932103519_prabab.pdf Download (480kB) |
|
Text
932103519_bab1.pdf Download (234kB) |
|
Text
932103519_bab2.pdf Download (252kB) |
|
Text
932103519_bab3.pdf Download (99kB) |
|
Text
932103519_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
|
Text
932103519_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
Text
932103519_bab6.pdf Download (90kB) |
|
Text
932103519_daftarpustaka.pdf Download (165kB) |
|
Text
932103519_pernyataanpersetujuan.pdf Download (58kB) |
Abstract
ABSTRAK Meilia Widiastuti, Dosen Pembimbing Dr. Septiana Purwaningrum, M. Pd. I dan Dr. Husnul Khotimah, M. Pd. I, Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMP Plus Darussalam Kelurahan Bawang Kecamatan Pesantren, Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata kunci : Upaya, Guru Pendidikan Agama Islam, Kedisiplinan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tindakan tidak disiplin yang dilakukan siswa di SMP Plus Darussalam. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui bentuk ketidakdisiplinan siswa di SMP Plus Darussalam Kelurahan Bawang Kecamatan Pesantren; 2) mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan siswa tidak disiplin di SMP Plus Darussalam Kelurahan Bawang Kecamatan Pesantren; dan 3) mengetahui upaya apa yang dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Plus Darussalam Kelurahan Bawang Kecamatan Pesantren. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dengan mendeskripsikan hasil penelitian dan memaparkan data yang sesuai dengan temuan di lapangan. Untuk memperoleh data atau informasi-informasi yang relevan dengan masalah yang dicari. Pengumplan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahapan yaitu, tahap reduksi, tahap penyajian data dan tahap verifikasi atau kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil penelitian ini dapat penulis simpulkan : 1) Bentuk ketidakdisiplinan siswa di SMP Plus Darussalam adalah tidak tepat waktu saat memasuki kelas, keluar kelas tidak izin guru, membolos saat jam pelajaran sedang berlangsung, dan pulang sebelum waktunya; 2) Faktor yang mempengaruhi siswa tidak disiplin di sekolah yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berupa siswa malas belajar, siswa tidak suka dengan mata pelajaran dan juga siswa tidak suka dengan guru yang mengajar, sedangkan faktor eksternal adalah kurangnya kerjasama antara orang tua dengan guru, kurangnya koordinasi antara sesama guru; dan 3) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa yaitu dengan memberikan nasehat dan motivasimotivasi kepada siswa, kemudian guru juga memberikan kontrak belajar atau kesepakatan awal pembelajaran mengenai aturan yang digunakan untuk meminimalisir siswa yang keluar kelas. Selain itu pihak sekolah juga memberikan apresiasi untuk siswa yang disiplin dengan memberikan reward atau hadiah misalnya diberikan peralatan sekolah. Yang bertuj
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Meila Widiastuti |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 08:10 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 08:10 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10054 |
Actions (login required)
View Item |