Nuroniah, Luluk Kholis Shotun (2023) Pengaruh Konsep Diri Dan Kematangan Emosi Terhadap Perilaku Asertif Pada Remajadi SMPN 7 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933421919_PraBab.pdf Download (477kB) |
|
Text
933421919_Bab1.pdf Download (195kB) |
|
Text
933421919_Bab2.pdf Download (293kB) |
|
Text
933421919_Bab3.pdf Download (244kB) |
|
Text
933421919_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) |
|
Text
933421919_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
|
Text
933421919_Bab6.pdf Download (51kB) |
|
Text
933421919_DaftarPustaka.pdf Download (156kB) |
|
Text
933421919_sp.pdf Download (356kB) |
Abstract
LULUK KHOLIS SHOTUN NURONIAH, Dosen Pembimbing Yuli Darwati,M.Si dan Shofi Mirwani, M.Psi.Psikolog. : Pengaruh Konsep Diri dan Kematangan Emosi terhadap Perilaku Asertif Remaja di SMPN 7 Kediri, Psikologi Islam, Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci : Konsep Diri, Kematangan Emosi, Perilaku Asertif, Remaja Salah satu tugas perkembangan remaja adalah melakukan penyesuaian sosial. Perilaku asertif adalah kemampuan mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara jujur, tegas, dan terbuka. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui : (1) Adakah pengaruh antara konsep diri terhadap perilaku asertif pada remaja di SMPN 7 Kediri. (2) Adakah pengaruh antara kematangan emosi terhadap perilaku asertif pada remaja di SMPN 7 Kediri. (3) Adakah pengaruh antara konsep diri dan kematangan emosi terhadap perilaku asertif pada remaja di SMPN 7 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 7 Kediri yang berjumlah 78 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t dan f menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan antara konsep diri dan perilaku asertif yang ditunjukkan dengan nilai coefficients uji t 2.545 dan nilai t hitung lebih dari t tabel 2.545 > 1.99 dan nilai signifikansi adalah 0.013 dimana nilai signifikan lebih kecil dari 0.05 ( 0.013 < 0.05). (2) Ada pengaruh yang signifikan antara kematangan emosi terhadap perilku asertif pada remaja di SMPN 7 Kediri yang ditunjukkan dengan nilai coefficients uji t 5.873 dan nilai t hitung lebih dari t table 5.873 > 1.99 dan nilai signifikan adalah 0.000 dimana nilai signifikan lebih kecil dari 0.05 (0.000 < 0.05). (3) Ada pengaruh yang signifikan antara konsep diri dan kematangan emosi terhadap perilaku asertif pada remaja di SMPN 7 Kediri yang ditunjukkan dengan nilaif bahwa nilai f hitung 50.752 lebih dari f tabel 3.12 (50.752 > 3.12) dan nilai signifikansi adalah 0.000 lebih kecil dari 0.05 (0.000 < 0.05).
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | LULUK KHOLIS SHOTUN NURONIAH |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 02:34 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 03:03 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10049 |
Actions (login required)
View Item |