Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Siswa MAN 3 Kab Kediri

Wulandari, Sri Ayu (2023) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Siswa MAN 3 Kab Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932128219_prabab.pdf

Download (486kB)
[img] Text
932128219_bab1.pdf

Download (244kB)
[img] Text
932128219_bab2.pdf

Download (239kB)
[img] Text
932128219_bab3.pdf

Download (231kB)
[img] Text
932128219_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
932128219_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
932128219_bab6.pdf

Download (40kB)
[img] Text
932128219_daftarpustaka.pdf

Download (163kB)
[img] Text
932128219_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
932128219_suratpernyataan.pdf

Download (113kB)

Abstract

Wulandari, Sri Ayu, (2023). Dosen Pembimbing Dr. Muhammad Yasin, M. Pd dan Ani Mar’atul Hamidah, M. Pd. I : Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa MAN 3 Kab Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri. Kata Kunci: Strategi Guru; Minat Belajar; Sejarah Kebudayaan Islam. Strategi guru adalah sebuah tindakan dalam melaksanakan rencana mengajar, dengan cara menggunakan, bahan, metode, dan alat yang tepat agar dapat mempengaruhi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Penelitian ini di latarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa siswa sering mengalami kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hal ini dapat berdampak pada minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Oleh sebab itu, perlu adanya strategi khusus yang direncanakan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa MAN 3 Kab. Kediri, alasan strategi tersebut digunakan serta faktor penghambat dan pendukungnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa MAN 3 Kab Kediri adalah sebagai berikut: a) penerapan metode diskusi kelompok dan b) penggunaan media pembelajaran yang relevan. 2) Alasan guru menggunakan strategi tersebut yaitu dapat membantu siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran dengan cara memberi kesempatan siswa untuk menggali, menemukan dan mencari solusi atas permasalahan yang terjadi. 3) Faktor penghambat yang di alami guru dalam menerapkan strategi pembelajaran adalah alokasi waktu pembelajaran yang terbatas serta latar belakang kecerdasan siswa yang tidak sama. Sedangkan yang menjadi faktor pendukung adalah fasilitas dari madrasah yang memadai serta adanya kolaborasi siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Ayu Wulandari
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:10
Last Modified: 18 Sep 2023 08:10
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10048

Actions (login required)

View Item View Item