Kartu sudis : media pembelajaran trigonometri kelas X dengan model kooperatif TGT di MAN 1 KEDIRI

Ummayyasari, Norinta (2023) Kartu sudis : media pembelajaran trigonometri kelas X dengan model kooperatif TGT di MAN 1 KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932307419_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932307419_bab1.pdf

Download (935kB)
[img] Text
932307419_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932307419_bab3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932307419_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932307419_bab5.pdf

Download (926kB)
[img] Text
932307419_daftarpustaka.pdf

Download (947kB)

Abstract

Media pembelajaran dan model pembelajaran merupakan hal yang penting dalam tercapainya tujuan pembelajaran matematika. Keaktifan dan semangat belajar matematika siswa MAN 1 Kediri masih tergolong rendah. Karena rendahnya keaktifan dan semangat belajar siswa, hasil belajar yang di peroleh siswa masih banyak yang berada di bawah KKM. Hal tersebut disebabkan karena terbatasnya media pembelajaran dan penggunaan model pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakteristik siswa. Oleh karena itu dibutuhkan pengembangan media pembelajaran matematika dengan mengadopsi model pembelajaran tertentu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan suatu media pembelajaran berbasis kartu SUDIS dengan model kooperatif TGT yang valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi pembelajaran trigonometri. Pemilihan media berbasis kartu ini berdasarkan karakteristik siswa yang lebih menyukai pembelajaran dengan model permainan dan dapat digunakan secara langsung oleh siswa. Penggunaan model pembelajaran TGT di harapkan mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D dengan model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba skala kecil terdiri dari 6 siswa kelas X IPA 2 dan 33 siswa kelas X IPA 1 untuk uji coba skala besar. Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar praktisi lapangan, angket respon siswa, instrumen tes, dan lembar validasi instrumen tes. Hasil penilaian kevalidan produk dari ahli media dan ahli materi memperoleh persentase 86% dengan kategori valid. Hasil penilaian kepraktisan produk dari praktisi lapangan memperoleh persentase 94% dengan kategori sangat praktis, sedangkan dari angket respon siswa diperoleh persentase 85% dengan kriteria praktis. Hasil uji coba skala besar untuk mengukur keefektifan diperoleh persentase 89% dengan kategori sangat efektif. Dari sini dapat disimpulkan bahwa kartu SUDIS layak diimplementasikan di kelas X untuk memfasilitasi pembelajaran Trigonometri. Penggunaan kartu SUDIS perlu diimbangi dengan pemahaman mengenai model maupun cara bermain agar dapat tercapainnya pembelajaran yang efektif

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Norinta Ummayyasari
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:09
Last Modified: 15 Sep 2023 03:09
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10025

Actions (login required)

View Item View Item