Strategi Pemasaran Mie Ayam Malioboro Pasar Bandar Kediri Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam

Sutantri, Sutantri (2014) Strategi Pemasaran Mie Ayam Malioboro Pasar Bandar Kediri Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931307309 prabab.pdf

Download (430kB)
[img] Text
931307309 bab I.pdf

Download (264kB)
[img] Text
931307309 bab II.pdf

Download (345kB)
[img] Text
931307309 bab III.pdf

Download (89kB)
[img] Text
931307309 bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
931307309 bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text
931307309 bab VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
931307309 daftar pustaka.pdf

Download (125kB)

Abstract

Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan. Strategi pemasaran mempunyai empat variabel yaitu product, price, place dan promotion yang sering disebut bauran pemasaran. Mie Ayam Malioboro merupakan sebuah tempat usaha yang bergerak di bidang makanan. Berdiri pada tahun 2004 dan perkembangannya cukup pesat. Outlet pusat terletak di Pasar Bandar Kediri. Telah memiliki 30 outlet yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Hal ini menjadi menarik untuk dikaji mengingat tidak banyak tempat usaha lain yang mampu mempertahankan eksistensinya. Oleh karena itu yang menjadi fokus masalah yang diambil adalah bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan Mie Ayam Malioboro Pasar Bandar Kediri ditinjau dari etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana kehadiran peneliti di lapangan sangat diperlukan. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data melalui tahap-tahap antara lain: reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian, (1) strategi pemasaran Mie Ayam Malioboro Pasar Bandar Kediri sebagai berikut: a) produk, mie yang diproduksi terbuat dari bahan yang bersih dan higienis serta ramah dalam melayani. b) harga, sesuai harga pasaran. c) tempat dan distribusi, pemilihan tempat yang strategis dan mudah dijangkau, pendistribusian bahan-bahan menggunakan saluran tidak langsung yaitu dari produsen ke mitra (outlet) dan konsumen akhir. d) promosi, pemasaran langsung dengan bertatap muka/ melalui alat komunikasi, publisitas melauli media cetak dan komunikasi dari mulut ke mulut. (2) strategi pemasaran Mie Ayam Malioboro Pasar Bandar Kediri ditinjau dari etika bisnis Islam, sebagai berikut: a) produk, pembuatan mie dan pengolahan dari bahan-bahan thoyyib, bermanfaat untuk konsumen yaitu penunda lapar sebagai pengganti nasi, bersih, higienis, adanya kejujuran dan longgar serta murah hati dalam melayani konsumen. b) harga, harga yang ditetapkan wajar, sebagai alat kompetisi yang sehat dan diukur dengan kemampuan daya beli konsumen. c) lokasi dan distribusi, lokasi mudah dijangkau, dan dalam penditribusiannya tidak ada pihak-pihak yang dirugikan karena adanya transparansi dan kesepakatan antar pihak dalam pengambilan keuntungan. d) promosi, tidak adanya penipuan dan tidak melebih-lebihkan dalam promosi serta tidak adanya sumpah. Jadi strategi pemasaran yang dilakukan Mie Ayam Malioboro sudah sesuai dengan etika bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 14 Sep 2023 06:42
Last Modified: 14 Sep 2023 06:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10013

Actions (login required)

View Item View Item