Strategi Pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Murottilil Qur’an (MMQ) Lirboyo Kediri

Yaqin, Ainul (2013) Strategi Pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Murottilil Qur’an (MMQ) Lirboyo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932101308-prabab.pdf

Download (80kB)
[img] Text
932101308-bab1.pdf

Download (36kB)
[img] Text
932101308-bab2.pdf

Download (178kB)
[img] Text
932101308-bab3.pdf

Download (47kB)
[img] Text
932101308-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
932101308-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text
932101308-bab6.pdf

Download (27kB)

Abstract

Al-Qur’anul Karim adalah sebagai jalan untuk menuju kebahagiaan di dunia dan akhirat umat islam. Mengaji Al-Qur’an adalah sebagai standar pendidikan dasar umat islam. Banyak sekali strategi yang di gunakan untuk pembelajaran Al-Qur’an salah satunya strategi yang diterapkan di Madrasah Murottilil Qur’an (MMQ) Lirboyo Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Murittilil Qur’an (MMQ) Lirboyo Kediri. Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatifdenga jenis penelitian deskriptif. Sesuai dengan pendekatan ini kehadiran peneliti di lapangan sangat penting karena peneliti merupakan instrumen kunci untuk mengungkap makna yang ada. Kata-kata dan tindakan merupakan sumber data utama dalam penelitian ini, sedangkan data tambahan berupa dokumen. Jenis data tersebut di peroleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data di lakukan dengan cara reduksi, penyajian, lalu menarik kesimpulan. Dalam penelitianini pengecekan keabsahan data dengan menggunakan tehnik trianggulasi dan tahap-tahap penelitian dalam skirpsi ini yaitu : Tahap pra lapangan, tahap pekerjaan, tahap analisis, tahap penulisan laporan. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan strategi yang digunakan Madrasah Murottilil Qur’an dalam pengajaranya menekankan hafalan, hal ini sebagaimana strategi awal mula setiap wahyu yang datang di hafalkan oleh sahabat. Memang setiap wahyu juga di tulis, tapi bukan untuk di pelajari hanya arsip/simpanan tulisanyang di wariskan kepada umat yang akan datang. Di Madrasah Murottilil Qur’an mempunyai 4 tingkatan : Jet Tempur, Ibtidaiyah dan Tsanawiyah menggunakan strategi klasikal baca isma’, klasikal individu, demonstrasi, komunikatif. Untuk Aliyah strateginya driil danCBSA disini santri dituntut aktif karena pada tingkatan ini santri tidak di tunjukkan bagaimana bacaan yang benar manakala dia mengaji dihadapan KH. Maftuh Bastul Birri. Dalam setiap tingkata ada buku tajwidnya sendiri-sendiri yang disusun sendiri oleh KH. Maftuh Bastul Birri . dalam proses pembelajaran di MMQ dari semua tingkatan dilaksanakan secara talaaqi dan mushafahah. Disini Al-Qur’an yang di gunakan Rosm Utsmani yang masih orisinil zaman Kholifah Utsman r.a. Untuk lebih memperkenalkan strategi yang di gunakan oleh Madrasah Murottilil Qur’an alangkah lebih baik bila mengadakan studi banding ke lembaga-lembaga yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 20 Aug 2019 02:41
Last Modified: 20 Aug 2019 02:41
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/584

Actions (login required)

View Item View Item