Kurniasari, Agustina (2022) Evaluasi Pelaksanaan Program Unggulan di SMA Negeri 1 Kertosono dan MA Negeri Nganjuk (Studi Evaluatif Model CIPP). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92400920001_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
92400920001_bab1.pdf Download (109kB) |
|
Text
92400920001_bab2.pdf Download (135kB) |
|
Text
92400920001_bab3.pdf Download (46kB) |
|
Text
92400920001_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
|
Text
92400920001_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
|
Text
92400920001_bab6.pdf Download (26kB) |
|
Text
92400920001_daftarpustaka.pdf Download (79kB) |
|
Text
92400920001_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) |
Abstract
ABSTRAK AGUSTINA KURNIASARI, 2022, Evaluasi Pelaksanaan Program Unggulan di SMA Negeri 1 Kertosono dan MA Negeri Nganjuk (Studi Evaluatif Model CIPP), Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing: 1. Mukhammad Abdullah, M.Ag. 2. Dr. Iskandar Tsani, M.Ag Kata Kunci: Evaluasi Program, Program Unggulan, CIPP Pelaksanaan program kelas unggulan di sekolah adalah salah satu langkah untuk meningkatkan kualitas output dari sekolah tersebut agar dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan era digital. Program ini diharapkan dapat memberikan hasil yang maksimal sesuai dengan target yang diinginkan sekolah. Dalam proses pelaksanaannya dibutuhkan adanya evaluasi untuk meninjau program tersebut dapat berjalan atau tidak. Seperti halnya di dua sekolah yang memiliki program kelas unggulan di Kabupaten Nganjuk Yaitu di SMA Negeri 1 Kertosono dan MA Negeri 1 Nganjuk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komponen evaluasi CIPP di kedua sekolah tersebut. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif menggunakan pendekatan evaluatif model CIPP. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan (reduksi data (data reduction), penyajian data (datadisplay); dan penarikan simpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) evaluasi context yang meliputi tujuan,legalitas program, dukungan lingkungan di SMAN 1 Kertosono sudah sesuai dengan standar. (2) evaluasi input di SMAN 1 Kertosono yaitu SDM sudah sesuai standar.Sarana dan prasarana sudah memenuhi standar, dan sumber dana murni dari siswa yang bersedia membayar lebih. (3) evaluasi process di SMAN 1 Kertosono meliputi proses seleksi kemudian ditawarkan kesediaannya, formasi kelas yang dibuka adalah IPA, dan program kelas melebihi kriteria. Hambatan yang terjadi adalah selama pandemi beberapa program kelas tidak bisa dilaksanakan. (4) evaluasi product di SMAN 1 Kertosono adalah prestasi belajar siswa sudah memenuhi target, meskipun tidak ada pemberian beasiswa dari sekolah. (5) evaluasi context yang meliputi tujuan,legalitas program, dukungan lingkungan di MA Negeri 1 Nganjuk sudah sesuai dengan standar. (6) evaluasi input di MA Negeri 1 Nganjuk dari segi SDM sudah sesuai dengan standar. Untuk sarana dan prasarana sama dengan kelas reguler dan sumber dana berasal dari siswa dengan jumlah yang sama dengan kelas reguler. (7) evaluasi process di MA Negeri 1 Nganjuk melalui sistem seleksi, yaitu untuk program IPA dan IPS, dengan sistem rolling jika prestasi turun akan pindah ke kelas reguler. Untuk program bimbel sudah memenuhi kriteria. Saat pandemi, program kelas prestasi tidak bisa berjalan. (8) evaluasi product di MA Negeri 1 Nganjuk yaitu untuk prestasi sekolah sudah memenuhi target, sedangkan untuk target perguruan tinggi belum sesuai target.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 24 May 2022 02:50 |
Last Modified: | 06 Jan 2023 03:02 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4448 |
Actions (login required)
View Item |