Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi kasus di SMK “KARYA” Kecamatan Wates Kabupaten Kediri Siswa Kelas X Akutansi)

Saniatin, Atik Binti (2015) Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi kasus di SMK “KARYA” Kecamatan Wates Kabupaten Kediri Siswa Kelas X Akutansi). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932112211-prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932112211-bab1.pdf

Download (396kB)
[img] Text
932112211-bab2.pdf

Download (491kB)
[img] Text
932112211-bab3.pdf

Download (314kB)
[img] Text
932112211-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932112211-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
932112211-bab6.pdf

Download (260kB)
[img] Text
932112211-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)
[img] Text
932112211-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia banyak ditemukan dari masalah yang berasal di kelas itu sendiri, sehingga guru dalam melaksanakan manajemen kelas pun menjadi prasyarat utama bagi terjadinya proses belajar mengajar yang efektif, Dengan itu, fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana manajemen kelas X Akutansi dari segi perencanaan pembelajaran dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK “KARYA” Kecamatan Wates Kabupaten Kediri? 2) Bagaimana manajemen kelas X Akutansi dari segi pelaksanaan pembelajaran dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK “KARYA” Kecamatan Wates Kabupaten Kediri? 3) Bagaimana manajemen kelas X Akutansi dari segi evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK “KARYA” Kecamatan Wates Kabupaten Kediri? Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian adalah studi kasus. Adapun data yang didapatkan berasal dari hasil observasi dan hasil wawancara, data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Guru sebelum memulai proses pembelajaran membuat desain pembelajaran, membuat strategi mengajar dan mengembangkan sumber belajar, baik berupa buku, multimedia, ataupun fasilitas. 2) Pelaksanaan pembelajaran dengan menganalisis tindakan-tindakan dalam manajemen kelas, guru dapat merancang metode pembelajaran, mengatur iklim suasana kelas dengan mengatur tempat duduk peserta didik serta. menggunakan media yang memadai dan sesuai. 3) Evaluasi dalam pengajaran tidak semata-mata dilakukan terhadap hasil belajar, tetapi juga dilakukan terhadap proses pengajaran itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 31 Dec 2019 00:29
Last Modified: 31 Dec 2019 00:29
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/997

Actions (login required)

View Item View Item