Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Kelas VII di SMPLB Dharma Wanita Grogol Kediri

Riyadi, M. Sugeng (2015) Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Kelas VII di SMPLB Dharma Wanita Grogol Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932111211-prabab.pdf

Download (647kB)
[img] Text
932111211-bab1.pdf

Download (306kB)
[img] Text
932111211-bab2.pdf

Download (399kB)
[img] Text
932111211-bab3.pdf

Download (314kB)
[img] Text
932111211-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
932111211-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
932111211-bab6.pdf

Download (269kB)
[img] Text
932111211-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)
[img] Text
932111211-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)

Abstract

Skripsi ini membahas manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus. Kajian ini dilatarbelakangi oleh anggapan masyarakat yang menilai bahwa anak berkebutuhan khusus sulit untuk dididik, dan berperilaku aneh sehingga dia tidak dapat hidup mandiri. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI bagi anak berkebutuhan khusus kelas VII di SMPLB Dharma Wanita? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI bagi anak berkebutuhan khusus kelas VII di SMPLB Dharma Wanita? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI bagi anak berkebutuhan khusus kelas VII di SMPLB Dharma Wanita? Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Datanya diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Semua data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif, yaitu metode analisis data yang berupa kata-kata, gambar dan bukan angka. Dalam penelitian ini data diperoleh dari kepala sekolah, guru, peserta didik, data-data dari lapangan seperti RPP, silabus, data guru dan siswa, sarana prasarana, serta dokumen lain yang berkaitan dengan penelitian di SLB Dharma Wanita Grogol Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Manajemen pembelajaran PAI di SLB Dharma Wanita bagi Anak Berkebutuhan Khusus cukup baik, dari pihak guru mempunyai semangat yang luar biasa dalam menanamkan pendidikan agama karena melibatkan guru dan peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. (2). Perencanaan yang meliputi: Penyusunan Rencana dan Program Pembelajaran (Silabus, RPP), Penjabaran Materi, Penentuan Strategi dan Metode Pembelajaran, Penyediaan Sumber, Alat dan Sarana Pembelajaran Penentuan Cara dan Alat Penilaian Proses dan Hasil Belajar. (3). Pelaksanaan meliputi; Pendahuluan, kegiatan inti, penutup. (4). Tahap evaluasi/penilaian berdasarkan; kemampuan peserta didik dengan dari segala aspek, kalkulasi semua nilai baik ulangan harian, semester, ujian akhir, dan yang diutamakan adalah nilai prakteknya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 30 Dec 2019 00:53
Last Modified: 30 Dec 2019 00:53
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/991

Actions (login required)

View Item View Item