Hubungan Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMKN 1 Nganjuk

Ahmad, Nur Faridah (2015) Hubungan Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMKN 1 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932110211-prabab.pdf

Download (363kB)
[img] Text
932110211-fullbab.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Guru merupakan komponen paling utama dan memegang peranan penting dalam pembangunan pendidikan. Guru juga sangat menentukan keberhasilan siswa, terutama dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar. Profesionalisme guru menjadi suatu syarat yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam melaksanakan tugasnya tersebut. Dan untuk mencapai profesionalisme tersebut, maka guru disyaratkan untuk mempunyai kompetensi. Kompetensi merupakan satu kesatuan yang utuh yang menggambarkan potensi, pengetahuan, ketrampilan, sikap yang dinilai, yang terkait dengan profesi tertentu berkenaan dengan bagian-bagian yang dapat diaktualisasikan dan diwujudkan dalam bentuk tindakan atau kinerja untuk menjalankan profesi tertentu. Untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk mencari hubungan antara profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi siswa kelas X SMKN 1 Nganjuk yang berjumlah 65 siswa jurusan TKJ dan Multimedia. Instrument dan metode yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, tekhnik analisis data statisik yang digunakan adalah analisis product moment. Hasil penelitian Dengan uji correlations diatas dapat diketahui dari program SPSS 21.0 untuk mengetahui hubungan antara Profesionalisme Guru dengan Motivasi Belajar Siswa, ternyata menghasilkan angka koefisien korelasi pearson antara profesionalisme guru (X) dan Motivasi Belajar Siswa (Y) sebesar 0,227. Dengan skor signifikasi .068 yang lebih tinggi dibanding taraf nyata 0,05. Dan untuk pengujian nilai r hitung adalah 0,227 dan r tabel dengan tingkat 5% yaitu 0,244 dengan r hitung ≤ r tabel (0,227 ≤ 0,244), oleh karena itu dapat dikatakan Ho diterima dan Ha ditolak yang berarti tidak ada hubungan antara Profesionalisme Guru dengan Motivasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 27 Dec 2019 09:06
Last Modified: 27 Dec 2019 09:06
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/985

Actions (login required)

View Item View Item