Implementasi Metode Cooperative Script Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII D di MTsN Nganjuk

Pamuji, Amad Amin (2015) Implementasi Metode Cooperative Script Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII D di MTsN Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932109711-prabab.pdf

Download (734kB)
[img] Text
932109711-bab1.pdf

Download (280kB)
[img] Text
932109711-bab2.pdf

Download (384kB)
[img] Text
932109711-bab3.pdf

Download (425kB)
[img] Text
932109711-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text
932109711-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
932109711-bab6.pdf

Download (151kB)
[img] Text
932109711-Daftar Pustaka.pdf

Download (356kB)
[img] Text
932109711-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Cooperative Script Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII D di MTsN Nganjuk”,ini menjawab pertanyaan 1) Bagaimana implementasi metode cooperatif script dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII D pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MTsN Nganjuk? 2) Apakah metode cooperative script dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII D pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MTsN Nganjuk? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan dua siklus. Dimana antara siklus 1 dan siklus berikutnya berkaitan, kelemahan yang ada pada siklus 1 diperbaiki pada siklus berikutnya. Sumber data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu sumber data tertulis dan tidak tertulis. Untuk teknik pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Strategi cooperative script dilaksanakan dengan menyiapkan materi pelajaran yang akan dibagikan pada setiap kelompok. Kemudian siswa dibagi menjadi berkelompok yang berangota 2 siswa. Setelah itu setiap kelompok mendapat giliran untuk mempresentasikan hasil resuman mereka, diakhir setiap kelompok mengumpulkan tulisan hasil kelompok dan guru memberikan kesimpulan. Dari hasil pra siklus diketahui bahwa nilai rata-rata siswa adalah 78, yaitu 20 siswa yang tuntas dan 14 yang tidak tuntas. Jika dianalisis lebih lanjut yaitu bahwa ketuntasan dari pra siklus ini adalah 58,8% pencapaian ini belum maksimal maka perlu ditingkatkan lagi karena KKM ( kriteria ketuntasan minimal)yang ditetapkan adalah 80. Kemudian diterapkanlah metode pembelajaran cooperative script pada siklus I ternyata hasil belajar siswa kelas VII D meningkat 4,6% dengan nilai rata-rata kelas 79,7 ada 10 siswa yg tidak tuntas dan 24 siswa yang tuntas. Selanjutnya ditingkatkan lagi pada siklus II, kekurangan dan kelemahan pada siklus I diperbaiki pada siklus II ini, pada siklus II hasil belajar siswa kelas VII D lebih meningkat lagi yaitu 13,6% dengan nilai rata-rata 85,1 dan prosentase ketuntasan 100%, yaitu 34 siswa yang tuntas dan 0 siswa yang tidak tuntas. Hal tersebut membuktikan bahwa hasil pelaksaan pembelajaran dengan menggunakan metode cooperative script terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlak dengan materi Asmaul Husna terbukti efektif dan mampu meningkatkan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 27 Dec 2019 08:42
Last Modified: 27 Dec 2019 08:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/982

Actions (login required)

View Item View Item