Pengaruh Perhatian Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Ngadiluwih Tahun Pelajaran 2014/2015

Masitoh, Dewi (2015) Pengaruh Perhatian Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Ngadiluwih Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932104611-prabab.pdf

Download (364kB)
[img] Text
932104611-bab1.pdf

Download (534kB)
[img] Text
932104611-bab2.pdf

Download (680kB)
[img] Text
932104611-bab3.pdf

Download (508kB)
[img] Text
932104611-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB)
[img] Text
932104611-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
932104611-bab6.pdf

Download (400kB)
[img] Text
932104611-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB)

Abstract

Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh siswa selama berlangsungnya proses belajar mengajar dalam jangka waktu tertentu. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, yaitu 1) Faktor intern (berasal dari dalam diri individu), seperti a. faktor fisik, meliputi; keadaan tubuh dan cacat tubuh, b. faktor psikologis, meliputi: kecerdasan, perhatian, minat, bakat, motivasi, sikap, dan kematangan. 2) Faktor ekstern (berasal dari luar diri individu) seperti a. lingkungan keluarga, b. lingkungan masyarakat, c. lingkungan sekolah. Perhatian adalah pemusatan atau konsentrasi dari seluruh aktivitas individu yang ditujukan kepada sesuatu atau sekumpulan objek. Minat belajar adalah kecenderungan dan kegairahan atau keinginan yang tinggi terhadap proses perubahan tingkah laku sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Dalam penelitian ini akan mengkaji tentang Pengaruh Perhatian Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Ngadiluwih Tahun Pelajaran 2014/2015, sehingga permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah perhatian siswa kelas VIII dalam mengikuti proses pembelajaran PAI? 2) Bagaimanakah minat belajar siswa kelas VIII dalam mengikuti proses pembelajaran PAI? 3) Bagaimanakah prestasi belajar PAI kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Ngadiluwih? 4) Adakah pengaruh perhatian terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Ngadiluwih? 5) Adakah pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Ngadiluwih? 6) Adakah pengaruh perhatian dan minat belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Ngadiluwih? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Ngadiluwih yang berjumlah 340 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling dengan jumlah sampel 172 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil yang didapat dari penelitian yaitu: 1) Ada pengaruh perhatian siswa terhadap prestasi belajar dengan rhitung sebesar 0,453. Nilai tersebut lebih tinggi dari rtabel 0,148. Koefisien determinasi dari perhatian terhadap prestasi belajar sebesar 20,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan terima Ha. 2) Ada pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar dengan rhitung sebesar 0,770. Nilai tersebut lebih tinggi dari rtabel 0,148. Koefisien determinasi dari minat belajar terhadap prestasi belajar sebesar 59,1%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan terima Ha. 3) Ada pengaruh perhatian siswa dan minat belajar terhadap prestasi belajar dengan rhitung sebesar 0,778. Nilai tersebut lebih tinggi dari rtabel 0,148. Koefisien determinasi dari perhatian dan minat belajar terhadap prestasi belajar sebesar 60,6%, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan terima Ha. Jadi secara teoritis perhatian dan minat mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 19 Dec 2019 07:24
Last Modified: 19 Dec 2019 07:24
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/952

Actions (login required)

View Item View Item