Keberhasilan Humas dalam Membangun Hubungan dengan Masyarakat di MTsN Ngronggot Kabupaten Nganjuk

Nuraini, Ely Nurul (2015) Keberhasilan Humas dalam Membangun Hubungan dengan Masyarakat di MTsN Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932101811-prabab.pdf

Download (547kB)
[img] Text
932101811-bab1.pdf

Download (224kB)
[img] Text
932101811-bab2.pdf

Download (372kB)
[img] Text
932101811-bab3.pdf

Download (225kB)
[img] Text
932101811-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
932101811-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
932101811-bab6.pdf

Download (203kB)
[img] Text
932101811-DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (290kB)

Abstract

Pengembangan pendidikan bukanlah pekerjaan sederhana karena pengembangan tersebut memerlukan adanya perencanaan secara terpadu dan menyeluruh. Terkait dengan fungsi lembaga pendidikan sebagai salah satu tempat meningkatkan sosial budaya masyarakat, maka hubungan dengan masyarakat tidak dapat dipisahkan. Hubungan sekolah dengan masyarakat ialah sebagai hubungan timbal balik antara suatu organisasi (sekolah) dan masyarakatnya. Artinya, hubungan sekolah dengan masyarakat adalah suatu proses komunikasi antara sekolah dan masyarakat untuk berusaha menanamkan pengertian warga masyarakat tentang kebutuhan dari karya pendidikan serta pendorong minat dan tanggung jawab masyarakat dalam usaha memajukan sekolah. Oleh karena itu, humas difungsikan sebagai media dalam menjembatani antara sekolah dan masyarakat yang nanti sekolah sebagai lembaga sosial yang diselenggarakan dan dimiliki oleh masyarakat, harus memenuhi kebutuhan masyarakat. Dari konteks penelitian diatas, maka penulis ingin mengetahui bagaimana langkah-langkah humas dalam membangun hubungan dengan masyarakat di MTsN Ngronggot, dan apabentuk keberhasilan humas dalam membangun hubungan dengan masyarakat di MTsN Ngronggot. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dokumentasi. Analisis dilakukan dengan memaparkan data secara rinci yaitu dikelompokkan dan dikategorikan, dan penarikan kesimpulan terkait data-data yang sudah dipaparkan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian yaitu Langkah-langkah humas dalam membangun hubungan dengan masyarakat di MTsN Ngronggot ialah perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, pemantauan kegiatan, serta evaluasi, guna mengimplementasikan program yang sudah dibuat oleh humas dalam membangun hubungan dengan masyarakat. Sedangkan bentuk keberhasilan humas dalam membangun hubungan dengan masyarakat salah satunya dapat dilihat bahwa MTsN Ngronggot sudah dikenal publik, baik internal (warga sekolah yang bersangkutan) maupun eksternal (masyarakat di luar warga sekolah), humas dapat dengan mudah untuk menjalankan tugas-tugasnya, terjadi saling pengertian antar sekolah dan masyarakat, sehingga masyarakat dapat membantu kebutuhan – kebutuhan sekolah serta saling bekerjasama satu sama lain untuk memajukan madrasah dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 02 Dec 2019 06:40
Last Modified: 02 Dec 2019 06:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/897

Actions (login required)

View Item View Item