Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja Di Smk Tenologi Informasi Pelita Nusantara Kediri Tahun Ajaran 2018/2019

Setiawan, Mohamad Yunus (2018) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja Di Smk Tenologi Informasi Pelita Nusantara Kediri Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932117714-prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932117714-bab1.pdf

Download (183kB)
[img] Text
932117714-bab2.pdf

Download (254kB)
[img] Text
932117714-bab3.pdf

Download (187kB)
[img] Text
932117714-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text
932117714-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
932117714-bab6.pdf

Download (161kB)
[img] Text
932117714-DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text
932117714-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang pesat pada era modern ini terasa sekali pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat terutama remaja yang masih berstatus peserta didik. Melihat fenomena yang terjadi dapat dijumpai perilaku peserta didik yang bertentangan dengan normanorma hokum dan ajaran islam, bahkan sangat minim akan etika, maka dibutuhkan penanganan untuk membimbing dan mengarahkan mereka agar segala perilaku yang dilakukan sesuai dengan hukum yang berlaku serta ajaran islam salah satunya adalah penanggulangan kenakalan remaja yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perilaku peserta didik di SMK Teknologi Informasi Pelita nusantara Kediri? (2) Bagaimana bentuk-bentuk kenakalan yang terjadi di SMK Teknologi Informasi Pelita nusantara Kediri? (3) Bagaimana upaya guru pendidian agama islam dalam menanggulangi kenakalan peserta didik di SMK Teknologi Informmasi Pelita nusantara Kediri ? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan Triangulasi, pemeriksaan keabsahan data dengan memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Perilaku peserta didik di SMK TI Pelita nusantara Kediri ada yang baik dan ada yang kurang baik yang baik dapat dilihat dari beberapa perilaku seperti sopan santun, religius, jujur, tertib waktu dan yang kurang baik dapat dilihat dari perilaku seperti kurang hormat, berbohong, kurang rasa religius, dan suka membuat onar sampai berkelahi. (2) bentuk-bentuk kenakalan yang terjadi di SMK TI Pelita nusantara Kediri yaitu datang terlambat, ramai di kelas, bermain ketika KBM, lari dari jam pelajaran, berpenampilan tidak Sesuai aturan, tidak mengerjakan tugas, mencontek, membolos, tidak sopan terhadap guru, tidak mengikuti kegiatan rutin, keluar sekolah tanpa izin, merusak sarana/prasarana, berpacaran, merokok, berkelahi. (3) Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) tidak menangani kenakalan di Sekolah Menengah Kejuruan Pelita nusantara secara individu melainkan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) bekerja sama dengan guru Bimbingan Konseling (BK) dan wali kelas dan dalam menanggulangi kenakalan remaja menggunakan dua upaya yaitu upaya prefentif (pencegahan) dan upaya kuratif (pengobatan).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 15 Oct 2019 06:28
Last Modified: 15 Oct 2019 06:28
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/762

Actions (login required)

View Item View Item