Peran SKU (Syarat Kecakapan Ubudiyah) dalam meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih kelas X IPS Madrasah Aliyah Negeri 3 Nganjuk di Desa Baleturi Kec Prambon Kab Nganjuk

Lutfiyah, Umi (2018) Peran SKU (Syarat Kecakapan Ubudiyah) dalam meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih kelas X IPS Madrasah Aliyah Negeri 3 Nganjuk di Desa Baleturi Kec Prambon Kab Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932116414-prabab.pdf

Download (441kB)
[img] Text
932116414-bab1.pdf

Download (185kB)
[img] Text
932116414-bab2.pdf

Download (567kB)
[img] Text
932116414-bab3.pdf

Download (263kB)
[img] Text
932116414-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text
932116414-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
932116414-bab6.pdf

Download (163kB)
[img] Text
932116414-DaftarPustaka.pdf

Download (227kB)

Abstract

Dalam Proses pembelajaran, tujuan utama yang hendak dicapai adalah hasil belajar, penilaian hasil belajar ini seharusnya bisa mengungkap semua aspek dalam pembelajaran, yang meliputi aspek Kognitif, Psikomotorik, serta afektif. Sebab siswa yang mempunyai kognitif baik saat diuji dengan tes tulis ini belum tentu dapat menerapkan dengan baik pengetahuan dalam kehidupan sehari hari. Hal ini berlaku untuk semua jenis mata pelajaran termasuk mata pelajaran Fiqih yang didalamnya ini mengandung unsur teori dan Praktek dalam hal ini juga harus menekankan ketiga aspek tersebut untuk dicapai. Oleh karena itu usaha dari Madraah Aliyah Negeri 3 Nganjuk agar para siswanya bisa mencapai ketiga aspek tersebut yaitu dengan diadakan kegiatan Syarat Kecakapan Ubudiyah dimana setiap siswa ini diwajibkan untuk mengikuti Kegiatan tersebut sesuai dengan tingkatan –tingkatannya masing –masing. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk : 1) Mengetahui penerapan kegiatan SKU di Madrasah Aliyah Negeri 3 Nganjuk. 2) Mendeskripsikan peran Syarat Kecakapan Ubudiyah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. 3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dari kegiatan Syarat Kecakapan Ubudiyah, serta kiat –kiat untuk mengatasi faktor penghambat tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun untuk menganalisa data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menguraikan suatu kejadian yang tampak pada objek penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Penerapan kegiatan Syarat Kecakapan Ubudiyah ini sudah lamayan baik hal ini bisa dilihat dari hasil nilai Syarat Kecakapan Ubudiyah serta saran dan prasarana yang digunakan sudah memadai. 2) Hasil penerapan SKU terhadap mata pelajaran Fiqih kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 3 Nganjuk ini secara kualitatif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa tidak hanya dari segi aspek kognitif saja namun juga dari aspek psikomotorik, dan afektif, dalam hal ini siswa Madrasah Aliyah juga mendapatkan wawasan agama yang nantinya bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari –hari. 3) Faktor pendukung dari kegiatan SKU ini yaitu minat siswa, minat tersebut bisa dibuktikan dengan adanya nilai SKU dari siswa yang sudah baik dan sarana serta Prasarana yang mendukung, sedangkan faktor yang menjadi penghambat dari kegiatan Syarat Kecakapan Ubudiyah ini yaitu, mayoritas siswa sulit menghafal SKU dikarenakan ada kegiatan ekstrakurikuler yang berbenturan dengan kegiatan SKU, dan kegiatan SKU ini ketika pelaksanaannyatidak tertib haltersebut menjadikan adanya siswa yang malas untukmengikutikegiatan SKU. Sedangkan kiat –kiat yang dilakukaan untuk mengatasi faktor penghambat tersebut yaitu Wali kelas harus sering sering mengingatkan kepada peserta didiknya untuk segera menuntsakan hafalan SKU, selain itu apabila tidak hafal siswa tersebut diberi sanksi atau hukuman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 07 Oct 2019 06:36
Last Modified: 07 Oct 2019 06:36
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/738

Actions (login required)

View Item View Item