Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an dalam Rangka Pembentukan Akhlak Narapidana Wanita di Lembaga Pemasyaratan Klas IIa Kota Kediri

Musyarofah, Ma’rifatul (2018) Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an dalam Rangka Pembentukan Akhlak Narapidana Wanita di Lembaga Pemasyaratan Klas IIa Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932112514-prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932112514-bab1.pdf

Download (251kB)
[img] Text
932112514-bab2.pdf

Download (399kB)
[img] Text
932112514-bab3.pdf

Download (112kB)
[img] Text
932112514-bab4.pdf

Download (383kB)
[img] Text
932112514-bab5.pdf

Download (304kB)
[img] Text
932112514-bab6.pdf

Download (147kB)
[img] Text
932112514-DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] Text
932112514-lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran al-Qur’an merupakan salah satu pembinaan yang diberikan kepada narapidana wanita. Tujuan adanya pembelajaran al-Qur’an yaitu membentuk akhlak para narapidana wanita. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini 1) Bagimana pembelajaran al-Qur’an di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Kota Kediri? 2) Bagaimana implementasi pembelajaran al-Qur’an dalam rangka pembentukan akhlak narapidana wanita di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Kota Kediri?, 3) Bagaimana internalisasi nilai akhlak pada narapidana wanita di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Kota Kediri. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi fenomena pembentukan akhlak narapidana wanita melalui pembelajaran al-Qur’an di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Kota Kediri. Prosedur penelitian mengunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus tentang implemestasi pembelajaran al-Qur’an dalam rangka pembentukan akhlak narapidana wanita di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Kota Kediri. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian dalam penelitian ini 1) Proses pembelajaran al-Quran a) Pelaksanaannya pagi hari tiga kali dalam satu minggu dengan fokus pada materi cara membaca al-Qur’an pada tingkatan menengah, b) Tujuan dari adanya pembelajaran al-Qur’an yaitu membentuk akhlak narapidana, c) Metode umum yang digunakan yaitu ceramah dan latihan sedangkan metode khusus yang digunakan yaitu Metode Usmani, 2) Proses Pembelajaran al-Qur’an dalam rangka pembentukan akhlak narapidana wanita a) Pemberian keilmuan tentang membaca al-Qur’an, b) Pembiasaan membaca al-Qur’an Setiap Hari, d) Perubahan akhlak karena kehendak dan suara hati diri sendiri, 3) Internalisasi akhlak pada narapidana wanita, a) Tahap transformasi nilai, merupakan proses awal menuju perubahan akhlak seseorang, yang mana pendidik hanya memberikan nilai-nilai yang baik dan yang kurang baik, b) Tahap transaksi nilai, merupakan tahap menuju perubahan, c) Tahap transinternalisasi, merupakan terdapat komunikasi dalam diri seseorang terhadap dirinya sendiri

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 07 Oct 2019 02:17
Last Modified: 07 Oct 2019 02:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/731

Actions (login required)

View Item View Item