Penanaman Kesadaran Ekologis Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri Periode Akademik 2014 – 2015)

Khoirunnisa', Arvi (2018) Penanaman Kesadaran Ekologis Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri Periode Akademik 2014 – 2015). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932111011-prabab.pdf

Download (399kB)
[img] Text
932111011-JURNAL.pdf

Download (193kB)
[img] Text
932111011-bab1-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penanaman kesadaran ekologis merupakan upaya pembentukan karakter yang cinta lingkungan masih jarang diupayakan oleh lembaga pendidikan dan belum menjadi agenda utama lembaga-lembaga pendidikan, apalagi lembaga pendidikan Islam. Tidaklah mudah menanamkan pendidikan kesadaran lingkungan tanpa adanya pola-pola penanaman karakter peduli lingkungan, Hal inilah yang menjadi dasar upaya yang digunakan oleh pihak sekolah MAN 3 Kediri untuk menanamkan jiwa yang peduli lingkungan hidup.fokus penelitian ini adalah a) Bagaimana upaya penanaman kesadaran ekologis peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri? b) Faktor apa saja yang menghambat dan mendukung penanaman kesadaran ekologis peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri? Jenis pendekatan yang penulis gunakan adalah pendekatan kualitatif. dalam penelitian kualitatif, peneliti sendiri atau dengan bantuan orang laim merupakan pengumpul data utama. Untuk memperoleh data dari lapangan, maka dalam penelitian ini digunakan beberapa metode analisis data, yaitu: metode observasi, metode interview, Metode dokumentasi. penelitian ini dilakukan di Madrash Aliyah Negeri 3 Kediri sebagai tempat penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan penanaman kesadaran ekologis peserta didik sangatlah bermanfaat dan memberikan dampak positif (a) beberapa upaya untuk menanamkan kesadaran ekologis ini salah satunya dengan mengorganisir organisasi PMR untuk menjadi pelopor dalam kegiatan pelestarian lingkungan hidup, dengan mengintregasikan PLH dalam ekstrakulikuler PMR sekolah yang terwujud dalam program adiwiyata. (b) faktor penghambat nya adalah kurangnya kekompakan pemahaman di antara elemen MAN 3 Kediri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 04 Oct 2019 02:20
Last Modified: 04 Oct 2019 02:20
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/727

Actions (login required)

View Item View Item