Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kitab Adabul Alim Wal Muta'allim Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter Kurikulum 2013

Ameliana, Dina (2022) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kitab Adabul Alim Wal Muta'allim Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter Kurikulum 2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932130618_prabab.pdf

Download (982kB)
[img] Text
932130618_bab1.pdf

Download (277kB)
[img] Text
932130618_bab2.pdf

Download (221kB)
[img] Text
932130618_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
932130618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
932130618_bab5.pdf

Download (84kB)
[img] Text
932130618_daftar_pustaka.pdf

Download (148kB)

Abstract

ABSTRAK DINA AMELIANA, Dosen Pembimbing MUNIRON dan MASRUL ISRONI, Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kitab Adabul Alim Wal Muta’allim Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter Kurikulum 2013, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, KH. Hasyim Asy’ari, Pendidikan Karakter Kurikulum 2013 Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kemerosotan karakter bangsa Indonesia, dewasa ini sekalipun seseorang telah mendapat pendidikan yang tinggi, tetapi masih banyak memiliki karakter yang bertentangan dengan norma dan aturanaturan, baik aturan negara maupun agama. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk mengkaji tentang bagaimana pendidikan karakter yang ada di dalam kitab adabul alim wal muta’allim, karena Islam menganggap bahwa karakter merupakan hal yang sangat penting, dan harus dimiliki oleh umatnya. Selain itu peneliti juga berupaya menganalisis relevansi antara pendidikan karakter yang ada dalam kitab adabul alim wal muta’allim karya KH. Muhammad Hasyim Asy’ari dengan pendidikan karakter pada kurikulum yang berlaku di Indonesia saat ini, yaitu kurikulum 2013, sehingga dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan dapat membantu memaksimalkan implementasi kurikulum tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab adabul alim wal muta’allim, (2) mengetahui relevansi antara nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab adabul alim wal muta’allim dengan pendidikan karakter dalam kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan. Dalam hal ini, peneliti bermaksud untuk menelaah nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab adabul alim wal muta’allim karya KH. Muhammad Hasyim Asy’ari dan relevansinya dengan pendidikan karakter kurikulum 2013. KH. Muhammad Hasyim Asy’ari menjelaskan dalam kitab adabul alim wal muta’allim tentang nilai karakter yang penting, dan merupakan gambaran singkat bahwa Islam sangat mengutamakan pendidikan karakter. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab adabul alim wal muta’allim, meliputi: religius, keikhlasan, rahmat, ilmu, membaca, kesabaran, kebenaran, amanah, kesetiaan, kekuatan, kelapangan dada, toleransi, kemuliaan dan harga diri, kedisiplinan, hidup sederhana, malu, dan tabayun. Hasil dari penelitian yang dilakukan dari nilai pendidikan karakter dalam kitab adabul alim wal muta’allim karya KH. Muhammad Hasyim Asy’ari relevan dengan pendidikan karakter kurikulum 2013 yang diberlakukan di Indonesia. Hal tersebut terbukti dengan adanya persamaan esensi antara nilai-nilai karakter dalam kitab adabul alim wal muta’allim dengan nilai pendidikan karakter pada penguatan pendidikan karakter (PPK) dalam kurikulum 2013, walaupun beberapa nilai karakter menggunakan istilah yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dina Ameliana
Date Deposited: 15 Dec 2022 07:56
Last Modified: 15 Dec 2022 07:56
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7159

Actions (login required)

View Item View Item