Strategi Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dalam Meningkatkan Loyalitas Donatur (Studi Kasus Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng (LSPT) Jombang)

Selviana, Maharani (2017) Strategi Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dalam Meningkatkan Loyalitas Donatur (Studi Kasus Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng (LSPT) Jombang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
COVER_Halaman Pra-Bab.pdf

Download (741kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Profil Penulis.pdf

Download (139kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan Unggah Karya dalam Sistem Repository STAIN Kediri.pdf

Download (51kB)
[img] Text
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan jumlah lembaga amil zakat di Indonesia membuktikan kontribusi yang terbesar terhadap perekonomian umat. Karena dari dana-dana yang terhimpun dari lembaga zakat akan bermanfaat untuk pemberdayaan ekonomi kaum dhuafa. Namun dengan jumlah lembaga amil zakat yang semakin meningkat tersebut akan memicu persaingan tiap lembaga amil zakat dalam meraih simpati dari donatur. Oleh karena itu, tiap lembaga amil zakat dituntut menciptakan kepercayaan dan keloyalan kepada donatur, agar setiap lembaga amil zakat dapat menjalankan kegiatan operasionalnya. Loyalitas dari donatur haruslah dijaga sebab merupakan aset terpenting bagi sebuah organisasi nirlaba seperti lembaga amil zakat. Karena dengan loyalitas tersebutlah, donatur akan terus berdonasi dan menjalin hubungan dalam waktu yang lama. Metodologi penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif yaitu dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari karyawan, donatur, penerima santunan dan ketua lembaga sosial pesantren tebuireng Jombang serta data tambahan beruapa dokumen melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Tahap akhir dan analisis data ini adalah mengadakan pengecekan keabsahan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan kecukupan referensial. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: strategi yang dilaksanakan LSPT Jombang dalam meningkatkan loyalitas donatur yakni dengan cara: pertama, melakukan komunikasi intensif dengan donatur, baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Kedua, kemudahan dalam penjemputan dana. LSPT menyediakan berbagai alternatif piliham seperti via transfer, door to door, ataupun donatur datang langsung ke kantor LSPT. Dan ketiga, dengan adanya pelayanan yang prima. Salah satu wujud dari pelayanan yang prima ini ialah dengan mendoakan donatur sebelum pulang. Adapun tujuannya agar dalam proses pemberian donasi, donatur bisa mendapat berkah. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi donatur menaruh loyalitas di LSPT Jombang sebagai berikut yakni: sukarela, transparan, progam-progam yang menarik, amanahm profesional, dan faktor ketokohan Gus Dur dan naungan Yayayasa Hasyim Asy'ari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 19 Dec 2018 06:30
Last Modified: 19 Dec 2018 06:30
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/69

Actions (login required)

View Item View Item