Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca al-Qur’an Melalui Program BBTQ (Bimbingan Baca Tulis al-Qur’an) di MTs Negeri 1 Kota Kediri Tahun 2017/2018

Safitri, Nur Nihayah Wulan (2018) Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca al-Qur’an Melalui Program BBTQ (Bimbingan Baca Tulis al-Qur’an) di MTs Negeri 1 Kota Kediri Tahun 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932109114-prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932109114-bab1.pdf

Download (296kB)
[img] Text
932109114-bab2.pdf

Download (402kB)
[img] Text
932109114-bab3.pdf

Download (221kB)
[img] Text
932109114-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img] Text
932109114-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
932109114-bab6.pdf

Download (83kB)
[img] Text
932109114-DP.pdf

Download (142kB)
[img] Text
932109114-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Al-Qur’an adalah sumber utama ajaran Islam dan pedoman hidup bagi setiap muslim. Namun fenomena yang terjadi di sekolah yang berbasis islam saat ini masih banyak dijumpai siswa yang memiliki kemampuan membaca al-Qur’an kurang baik. Antisipasi yang dapat dilakukan dari fenomena tersebut adalah melakukan pembelajaran al-Qur’an melalui program BBTQ (Bimbingan Baca Tulis al-Qur’an). Salah satu lembaga pendidikan yang mempunyai program BBTQ (Bimbingan Baca Tulis Al-Qur’an) adalah MTs N 1 Kota Kediri. Penelitian membahas tentang pelaksanaan program BBTQ (Bimbingan Baca Tulis al-Qur’an) sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa di MTs N 1 Kota Kediri. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu: 1) Apa tujuan program BBTQ 2) Bagaimana materi BBTQ 3) Bagaimana metode pembelajaran dalam program BBTQ 4) Bagaimana evaluasi program BBTQ. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di MTsN 1 Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Tujuan program BBTQ (Bimbingan Baca Tulis al-Qur’an) yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VII sehigga dapat menunjang siswa dalam memahami mata pelajaran lain, seperti mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, Fiqih, Aqidah Akhlak dan Bahasa Arab. 2) Materi pokok dalam Program BBTQ (Bimbingan Baca Tulis al-Qur’an) yaitu ilmu tajwid. Sesuai dengan pembagian kelas berdasarkan kemampuan, maka untuk kelas tidak lancar diberikan materi berupa pengenalan huruf hijaiyah, pengenalan tanda baca, dan mulai belajar membaca huruf hijaiyah yang penulisannya terpisah. Kelas kurang lancar materi yang diberikan yaitu ilmu tajwid dan memperbanyak latihan membaca sehingga bacaan al-Qur’an menjadi semakin lancar. Kelas lancar fokus pada pembenahan makhorijul huruf serta pembenahan bacaan siswa sesuai dengan tajwid. 3) Metode pembelajaran yang digunakan dalam program BBTQ adalah metode jet tempur, dalam penerapannya metode ini menggunakan metode hafalan dan metode murattalan. Metode hafalan untuk kelas kurang lancar dan untuk kelas tidak lancar guru menggunakan metode murattalan. Dalam penyampaian materi guru menggunakan metode ceramah. 4) Evaluasi materi pelajaran dilaksanakan setiap habis satu materi dengan menggunakan ujian tulis, sedangkan evaluasi baca alQur’an diadakan setiap satu bulan sekali, yaitu dengan diadakan tes kerampilan membaca al-Qur’an secara individu. Selain itu juga diadakan tes lisan serentak diakhir semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:44
Last Modified: 17 Sep 2019 07:44
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/674

Actions (login required)

View Item View Item