Upaya Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Siswa Kelas VII di MTsN 6 Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018

Khusna, Siti Azqiyatul (2018) Upaya Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Siswa Kelas VII di MTsN 6 Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (281kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Di era modern ini institusi pendidikan dituntut untuk menghasilkan kualitas lulusan yang baik bagi masyarakat luas terutama tentang kemampuan membaca al Qur‟an. Oleh karena itu, kemampuan membaca Al Qur‟an khususnya di madrasah tsanawiyah perlu di tingkatkan. MTsN 6 Nganjuk salah satu sekolahan yang mempunyai program peningkatan membaca Al Qur‟an yang di harapkan dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam membaca al qur‟an khususnya kelas VII. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan membaca Al Qur‟an siswa Kelas VII di MTsN 6 Nganjuk, 2) Bagaimana pelaksanaan program sekolah dalam upaya peningkatan kemampuan membaca Al Qur‟an siswa kelas VII. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian yang di gunakan adalah studi kasus. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik deskriptif dengan membuat gambaran yang sistematis dan faktual dan analisisnya dilakukan melalui tiga jalur yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk pengecekkan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekuanan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan membaca Al Qur‟an siswa kelas VII tergolong sedang di tunjukkan dengan ketepatan tajwid dan kelancaran membaca belum begitu baik dan ketepatan makhrojnya kurang baik. 2) Pelaksanaan program sekolah dalam upaya peningkatan kemampuan membaca Al Qur‟an siswa Kelas VII yang meliputi a) Bidang WAKA kurikulum, mengadakan kegiatan ektrakurikuler wajib yaitu Bimbingan Membaca Al Qur‟an dan mengadakan pembiasaan membaca Al Qur‟an pagi dan hari jum‟at. b) Bidang WAKA kesiswaan, mengadakan kegiatan PPDB dengan tes masuk membaca Al Qur‟an dan mengadakan kegiatan class meating dengan lomba tartil.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:28
Last Modified: 17 Sep 2019 07:28
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/672

Actions (login required)

View Item View Item