Implementasi Membaca Kitab Kuning dalam Membentuk Religiusitas Siswa di SMP Islam Al-Azhar Kediri

Sulistyoningsih, Sulistyoningsih (2018) Implementasi Membaca Kitab Kuning dalam Membentuk Religiusitas Siswa di SMP Islam Al-Azhar Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932106214-prabab.pdf

Download (177kB)
[img] Text
932106214-bab1.pdf

Download (106kB)
[img] Text
932106214-bab2.pdf

Download (218kB)
[img] Text
932106214-bab3.pdf

Download (113kB)
[img] Text
932106214-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
932106214-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
932106214-bab6.pdf

Download (35kB)
[img] Text
932106214-DP.pdf

Download (57kB)
[img] Text
932106214-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)

Abstract

Perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju memudahkan peserta didik dalam berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain. Tidak hanya berinteraksi secara nyata, tetapi dunia maya atau jejaring sosial seperti facebook, twitter, instagram, yahoo, mesengger, dan lain-lain yang mampu memberikan dampak dan pengaruh besar bagi peserta didik. Kurangnya pengawasan dari orang tua dan guru bisa membuat peserta didik melakukan kegiatan yang menyimpang, seperti tawuran, mengkonsumsi obat-obatan terlarang, seks bebas dan yang lainnya. Oleh karena itu pembentukan religiusitas sangatlah penting untuk diaplikasikan dalam dunia pendidikan agar dapat mendorong tumbuh dan berkembangnya keshalehan peserta didik. Untuk itu peneliti memfokuskan penelitian pada: 1) Materi apa saja yang dikaji dalam kegiatan membaca kitab kuning, 2) Bagaimana implementasi kegiatan membaca kitab kuning dalam membentuk religiusitas siswa dalam aspek ibadah dan akhlak, 3) Bagaimana dampak kegiatan membaca kitab kuning dalam pembentukan religiusitas siswa dalam aspek ibadah dan akhlak. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah studi kasus dalam penelitian ini kehadiran peneliti bertindak sebagai instrumen sekaligus pengumpul data. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kajian kitab kuning, guru kelas dan siswa. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data yang ada, reduksi data, pengecekan keabsahan data, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: 1) materi yang diajarkan dalam kegiatan membaca kitab kuning adalah Kitab Taisirul Khallaq, Kitab Mabadi’ Al-Fiqhiyyah dan Kitab al-Arba’in al- Nawawiyah .2) Implementasi kegiatan membaca kitab kuning dalam aspek ibadah dan akhlak adalah melalui contoh atau teladan, menegakkan disiplin, memberikan motivasi, memberikan hadiah dan hukuman. 3) Dampak dari adanya kegiatan membaca kitab kuning dalam aspek ibadah siswa mengerti tentang cara beribadah kepada Allah yang benar, tata cara berwudhu, tata cara menghilangkan hadas kecil maupun hadas besar, dan mengetahui rukun sholat serta hal-hal yang membatalkan sholat. Sedangkan dalam aspek akhak siswa mengerti dan sudah menerapkan akhlak ketika berhadapan dengan guru, tata krama bertamu dan tata krama makan dan minum.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 17 Sep 2019 00:56
Last Modified: 17 Sep 2019 00:56
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/670

Actions (login required)

View Item View Item