Upaya Pengasuh Pondok Dalam Mengoptimalkan Sistem Pendidikan Diniyyah Di Pondok Pesantren Al Amin Ngasinan Rejomulyo Kediri

Hadi, Miftah Nur (2018) Upaya Pengasuh Pondok Dalam Mengoptimalkan Sistem Pendidikan Diniyyah Di Pondok Pesantren Al Amin Ngasinan Rejomulyo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932105413-prabab.pdf

Download (457kB)
[img] Text
932105413-bab1.pdf

Download (231kB)
[img] Text
932105413-bab2.pdf

Download (268kB)
[img] Text
932105413-bab3.pdf

Download (200kB)
[img] Text
932105413-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] Text
932105413-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text
932105413-bab6.pdf

Download (143kB)
[img] Text
932105413-DP.pdf

Download (9kB)
[img] Text
932105413-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)

Abstract

Keberhasilan suatu lembaga pendidikan sangat tergantung pada kepemimpinan kepala lembaga tersebut. Karena kepala lembaga sebagai pemimpin dilembaganya, maka dia harus mampu membawa lembaganya kearah tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Ia harus mampu melihat adanya perubahan serta mampu melihat masa depan dalam kehidupan globalisasi yang lebih baik. Begitu juga pondok pesantren al-Amin Kediri, dalam upaya mengoptimalkan sistem pendidikan diniyah di ponpes al-Amin, para kyai dan guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya pengasuh pondok pesantren dalam mengoptimalkan sistem pendidikan diniyyah di pondok pesantren Al-Amin Ngasinan Rejomulyo Kediri, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi pengasuh pondok dalam mengoptimalkan sistem pendidikan diniyyah di pondok pesantren Al-Amin Ngasinan Rejomulyo Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam rangka memperoleh data yang dibutuhkan, maka penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penelitimenggunakan metode deskriptif kualitatif dengan empat tahapan analisis data, yaitu pengumpulan data, mengklarifikasi data, menjelaskan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Upaya pengasuh pondok pesantren dalam mengoptimalkan sistem pendidikan diniyyah di pondok pesantren Al-Amin Ngasinan Rejomulyo Kediri adalah merencanakan kurikulum Madrasah, meningkatkan kemampuan pemahaman kitab kuning melalui (Murati) kitab kuning, menjalin keakraban dengan pengajar, meningkatkan kedisiplinan, dan evaluasi di setiap akhir semester. 2) Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi pengasuh pondok dalam mengoptimalkan sistem pendidikan diniyyah di pondok pesantren Al-Amin Ngasinan Rejomulyo Kediri. Faktor Pendukung: Pimpinan madrasah membuat penggolongan sistem pembelajaran berdasarkan tingkatan pendidikan formal mereka. Penghambat: Pembelajaran yang menggunakan sistem klasik ini kurang begitu menarik bagi santri yang rata-rata bersekolah di sekolah formal, sehingga gairah santri belajar agama Islam sangat kurang. Hal ini dilatarbelakangi dengan kondisi santri sendiri yang kebanyakan berstatus sebagai pelajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 16 Sep 2019 07:50
Last Modified: 16 Sep 2019 07:50
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/669

Actions (login required)

View Item View Item