Efektivitas Metode At-Tartil dengan Menggunakan Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darussalam Putra Sengon-Jombang)

Pradana, Ahmad Basyarudin Syamsul Ainun Hidayat Atma (2018) Efektivitas Metode At-Tartil dengan Menggunakan Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darussalam Putra Sengon-Jombang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932101014-prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932101014-jurnal.pdf

Download (247kB)
[img] Text
932101014-isi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text
932101014-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan mu’jizat Nabi Muhammad SAW yang paling agung. Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril, orang yang membaca dan memahaminya akan mendapatkan pahala dan hidayah dari Allah, Al-Qur’an memuat hukum-hukum yang mencakup hukum keyakinan (ahkam i’tiqadiyyah), hukum akhlak (ahkam khulqiyyah), dan hukum amaliah (ahkam amaliyyah). Sebaik-baik manusia adalah yang mau mengajarkan serta mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Di pondok pesantren Darussalam Putra para santri dalam belajar AlQur’an menggunakan metode At-tartil dengan menggunakan tutor sebaya. Metode At-tartil adalah “pelan dan jelas”. Karena membaca dengan pelan maka terlihat dengan jelas masing-masing hurufnya, sifat-sifatnya dan tajwidnya. Adapun permasalahan penelitian ini adalah Bagaimanakah proses metode At-Tartil dengan Menggunakan Tutor Sebaya dalam pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darussalam Putra Sengon- Jombang, Bagaimana efektivitas metode At-Tartil dengan Menggunakan Tutor Sebaya dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darussalam Putra Sengon- Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di pondok pesantren Darussalam Putra Sengon-Jombang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga cara: Satu, melakukan reduksi data (mengolah data). Dua, menyajikan data sesuai dengan pokok bahasan. Tiga, menyimpulkan data atau memverifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut, bahwa proses metode At-tartil dengan menggunakan tutor sebaya dalam pembelajaran Al-Qur’an berjalan dengan baik, sehingga hal ini mendapatkan hasil kemampuan membaca Al-Qur’an santri semakin membaik. Dan penggunaan metode At-tartil dengan menggunakan tutor sebaya dapat diakui sanagat efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri pondok pesantren Darussalam Putra Sengon-Jombang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 16 Sep 2019 07:14
Last Modified: 16 Sep 2019 07:14
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/665

Actions (login required)

View Item View Item