Makna Keikhlasan Dalam Pembelajaran Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah (Studi Analisis Di Mi Pesantren Sabilil Muttaqin (PSM) Gondang Desa Besuk Kec. Gurah Kab. Kediri)

Rinumaya, Erviana Yulianti (2018) Makna Keikhlasan Dalam Pembelajaran Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah (Studi Analisis Di Mi Pesantren Sabilil Muttaqin (PSM) Gondang Desa Besuk Kec. Gurah Kab. Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933600315-prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933600315-bab1.pdf

Download (699kB)
[img] Text
933600315-bab2.pdf

Download (956kB)
[img] Text
933600315-bab3.pdf

Download (501kB)
[img] Text
933600315-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text
933600315-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] Text
933600315-bab6.pdf

Download (320kB)
[img] Text
933600315-DP.pdf

Download (440kB)
[img] Text
933600315-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Fenomena yang ada pada saat ini banyak terjadi di sekolah-sekolah, yaitu beberapa kasus demo dan mogok kerja yang dilakukan oleh sejumlah guru di Indonesia. Kasus ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan guru. Adapun guru yang ikhlas bukan guru yang mencari imbalan, tetapi guru yang mempunyai niat untuk mengamalkan ilmu karena Allah SWT. Sedangkan guru yang menuntut untuk meningkatkan kesejahteraan bukan termasuk ciri-ciri guru yang ikhlas. Berkaitan dengan hal itu, salah satu tokoh besar tasawuf yaitu AL-Ghazali sudah menjelaskan tentang sifat-sifat yang harus dimiliki oleh guru. Salah satunya yakni guru harus mempunyai sifat yang ikhlas dalam mendidik. Sehingga apabila guru mempunyai sifat yang ikhlas perbuatan seperti Demo dan mogok kerja tidak akan terjadi. Namun ada pula sekolah yang masih memiliki guru-guru yang ikhlas dalam mengajar, salah satunya yaitu guru MI PSM Gondang. Sifat tersebut terlihat dari perilaku sehari-hari guru MI PSM Gondang. Fenomena ini yang menjadi keunikan peneliti untuk melakukan penelitian terhadap guru-guru di MI PSM Gondang tentang makna dan manfaat keikhlasan guru dalam pembelajaran di MI PSM Gondang di Mi PSM Gondang Desa Besuk Kec. Gurah Kab. Kediri dan langkah-langkah untuk mewujudkan keikhlasan guru dalam pembelajaran di MI PSM Gondang di Mi PSM Gondang Desa Besuk Kec. Gurah Kab. Kediri. Untuk mengetahui keikhlasan guru dalam pembelajaran, penulis menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dalam penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan metode pengamatan (Observasi), Wawancara (interview), dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, kemudian penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian yang telah dilakukan memperoleh hasil bahwa makna keikhlasan guru menurut guru MI PSM Gondang yaitu ketika guru tersebut mempunyai niat untuk mengharapkan ridho dari Allah tanpa mengharap apaun dari makhluk-Nya. Sedangkan manfaat ikhlas terdapat dua manfaat yang sudah dirasakan yaitu manfaat kepada diri sendiri maupun kepada murid. Adapun faktor untuk mendorong guru MI PSM Gondang memiliki sifat ikhlas yaitu Dorongan dari luar berupa langkah-langkah yang dilakukan oleh sekolah Dan dorongan dari dalam atau langkah-langkah yang dilakukan oleh guru di MI PSM Gondang dalam mewujudkan keikhlasan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:09
Last Modified: 26 Aug 2019 04:09
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/625

Actions (login required)

View Item View Item