Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Terhadap Hasil Belajar Fikih Peserta Didik Kelas VIII Di MTsN 6 Nganjuk Tahun Ajaran 2021/2022

Nurfadila, Ayu Fika (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Terhadap Hasil Belajar Fikih Peserta Didik Kelas VIII Di MTsN 6 Nganjuk Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932134318_prabab.pdf

Download (271kB)
[img] Text
932134318_bab1.pdf

Download (119kB)
[img] Text
932134318_bab2.pdf

Download (139kB)
[img] Text
932134318_bab3.pdf

Download (127kB)
[img] Text
932134318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text
932134318_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text
932134318_bab6.pdf

Download (10kB)
[img] Text
932134318_daftarpustaka.pdf

Download (98kB)
[img] Text
932134318_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih, yang disebabkan oleh kurang tepatnya model pembelajaran yang diterapkan pendidik dalam proses pembelajaran di kelas. Dalam penyampaian materi pada mata pelajaran Fikih masih cenderung bertumpu pada aktifitas guru, hal tersebut menimbulkan kurangnya penguasaan konsep serta kejenuhan pada siswa sehingga menyebabkan siswa menjadi kurang aktif. Maka dari itu, diperlukan penerapan model pembelajaran yang dapat merubah hasil belajar peserta didik dari sebelumnya ke yang lebih baik. Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu peserta didik agar lebih aktif adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe learning together. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe learning together, peserta didik akan lebih aktif dan dilibatkan untuk menggali informasi sendiri dikarenakan model pembelajaran ini menekankan pada diskusi peserta didik sehingga hasil belajar peserta didik akan meningkat dari sebelumnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar Fikih peserta didik kelas VIII di MTsN 6 Nganjuk tahun ajaran 2021/2022?, (2) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe learning together terhadap hasil belajar Fikih peserta didik kelas VIII di MTsN 6 Nganjuk tahun ajaran 2021/2022?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui hasil belajar Fikih peserta didik kelas VIII di MTsN 6 Nganjuk tahun ajaran 2021/2022. (2) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe learning together terhadap hasil belajar Fikih peserta didik kelas VIII di MTsN 6 Nganjuk tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar yang ada di kelas VIII-7 dan VIII-8 di MTsN 6 Nganjuk. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik kelas VIII-7 dan VIII-8 di MTsN 6 Nganjuk. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai profil MTsN 6 Nganjuk, sarana dan prasarana dan data peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil penelitian pada kelas kontrol dari pretest didapatkan nilai rata-rata 70,67 sedangkan dari hasil posttest didapatkan nilai rata-rata 75. Hasil penelitian pada kelas eksperimen dari pretest memperoleh nilai rata-rata 71,33 sedangkan dari hasil posttest diperoleh nilai rata-rata 82,33. (2) Hasil analisis menggunakan uji Independent Sampel T-test adalah sebesar 0,018 dengan taraf nilai signifikansi 0,05 atau 5%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe learning together terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ayu Fika Nurfadila
Date Deposited: 19 Sep 2022 06:22
Last Modified: 19 Sep 2022 06:22
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6240

Actions (login required)

View Item View Item