Analisis Marketing Mix Di Wisata Edukasi Kampung Coklat Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar Ditinjau Dari Syari’ah Marketing

Anggraini, Renita (2017) Analisis Marketing Mix Di Wisata Edukasi Kampung Coklat Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar Ditinjau Dari Syari’ah Marketing. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
COVER Skripsi_HALAMAN DEPAN PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (473kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] Text
PERSETUJUAN UNGGAH KARYA.pdf

Download (4kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)

Abstract

Dalam melakukan usaha, peran suatu marketing sangatlah penting dalam mengelola suatu usaha, karena untuk memperkenalkan usahanya agar dikenal dan diminati oleh masyarakat pada umumnya. Meskipun produk yang dijual oleh suatu perusahaan sangat penting dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat, jika tidak terdapat pemasaran yang jelas dan tidak dikenal serta diterima secara riil oleh masyarakat tentunya hal tersebut tidak akan bermanfaat. Adapun strategi marketing yang sering digunakan yaitu marketing mix yang telah lama kita ketahui sebelumnya. Dari latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana marketing mix PT Kampung Coklat Desa Plosorejo Kec. Kademangan Kab. Blitar?, 2) bagaimana marketing mix PT Kampung Coklat Desa Plosorejo Kec. Kademangan Kab. Blitar ditinjau dari syari’ah marketing? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mempunyai ciri-ciri antara lain: latar belakang yang alami dan peneliti sebagai sumber kunci, penelitian ini bersifat deskriptif analisis. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Tahap terakhir yang akan dilakukan yaitu pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan penelitian, pengecekan atau diskusi sejawat dan trianggulasi. Hasil penelitian, marketing mix yang dilakukan PT Kampung Coklat menerapkan segmentasi pasar, targeting, penerapan marketing mix yang sesuai kemampuan perusahaan akan tetapi belum sepenuhnya berjalan dengan maksimal, mengingat tempat yang masih proses pembenahan, penyediaan produk yang beraneka ragam akan tetapi produk yang kurang maksimal berorientasi di lingkungan masyarakat, promosi menggunakan berbagai media dan penetapan harga disesuaikan dengan kualitas produk dan reksos masyarakat sekitar. Sedangkan ditinjau perspektif syari’ah marketing bauran pemasaran yang dilakukan PT Kampung Coklat kurang maksimal dalam penerapannya, syari’ah marketing yang meliputi teitis (nilai ketuhanan), etis (etika), realistis (fleksibel) dan humanisnis (universal), Ditambah lagi oleh sifat Rasulullah SAW. Keduanya kurang maksimal yaitu al-waqi’iyyah dan sifat s } iddiq belum sepenuhnya diterapkan karena dalam segi promosi pihak PT Kampung Coklat tidak mengganti gambar pada website sehingga dalam promosi dan keadaan tidak sesuai, sering membongkar tempat sesuka hati padahal belum tentu konsumen tidak menyukai tempat tersebut hingga membuatnya kecewa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 18 Dec 2018 07:27
Last Modified: 18 Dec 2018 07:27
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/62

Actions (login required)

View Item View Item