Implementasi Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Ibnu Miskawaih Di SMAN I Ngadiluwih

Nadziroh, Umi (2022) Implementasi Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Ibnu Miskawaih Di SMAN I Ngadiluwih. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932114915_PRA BAB.pdf

Download (348kB)
[img] Text
932114915_BAB 1.pdf

Download (238kB)
[img] Text
932114915_BAB 2.pdf

Download (303kB)
[img] Text
932114915_BAB 3.pdf

Download (124kB)
[img] Text
932114915_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
932114915_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
932114915_BAB 6.pdf

Download (88kB)
[img] Text
932114915_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)
[img] Text
932114915_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text
932114915_suratpernyataan.pdf

Download (115kB)

Abstract

Umi Nadziroh, Dosen Pembimbing Ninik Zuroidah, M. S.i. dan Novi Rosita Rahmawati, M. Pd., Implementasi Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Ibnu Miskawaih Di SMAN I Ngadiluwih. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci: Konsep Pendidikan Akhlak, Ibnu Miskaweih SMAN I Ngadiluwih Pendidikan akan sangat berpengaruh pada setiap perilaku seseorang sehingga dalam dunia pendidikan sangat dianjurkan adanya pendidikan akhlak. Atas dasar ini Ibnu Miskawaih sangat menekankan pendidikan akhlak agar manusia mau berperilaku baik dan tidak merugikan dirinya dan orang lain. Hal ini tentu sama dengan tujuan utama dalam duania pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Atas dasar ini muncul beberapa rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya yaitu, 1) bagaimana implementasi konsep pendidikan akhlak di SMAN 1 Ngadiluwih. 2), bagaimana relevansi pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih dengan pendidikan. 3), apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi konsep pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu penelitian lapangan. Dimana peneliti akan terjun langsung ke lapangan dan mengamati setiap perilaku objek penelitian yang akan di teliti. Selanjutnya akan peneliti analisis fenomena tersebut dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif. Yaitu sebuah pendekatan dengan melihat dan memahami semua fenomena dan menuliskannya kembali untuk menjadi sebuah temuan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Konsep Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih pada siswa SMAN 1 Ngadiluwih ada 4 hal pokok dalam upaya pemeliharaan kesehatan jiwa (akhlak yang baik). Pertama, bergaul dengan orang yang sejenis, yakni yang sama-sama pecinta keutamaan, ilmu yang hakiki dan ma’rifat yang shahih, menjauhi pencinta kenikmatan yang buruk. Kedua, bila sudah mencapai tingkat keilmuan tertentu, jangan membanggakan diri (ujub) dengan ilmunya, melainkan harus belajar terus sebab ilmu tidak terbatas dan di atas setiap yang berilmu ada Yang Maha Berilmu, dan jangan malas mengamalkan ilmu yang ada serta mengajarkannya kepada orang lain. Ketiga, hendaklah senantiasa sadar bahwa kesehatan jiwa itu merupakan nikmat Allah yang sangat berharga yang tak layak ditukarkan dengan yang lain. Keempat, terus-terusan mencari aib diri sendiri dengan intropeksi diri. 2) Relevansi Konsep Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih Pada Siswa SMAN 1 Ngadiluwih, Relevansi konsep pendidikan akhlak yang diberikan oleh Ibnu Miskawaih yang di anut dan di adopsi secara mutlak oleh siswa SMAN 1 Ngadiluwih desa Ngadiluwih, secara umum dikelompokkan dalam dua bagian. Masing-masing diantaranya yaitu pendidikan formal dan pendidikan nonformal. Pendidikan formal seperti sekolah umum dan pendidikan nonformal merupakan pendidikan pondok pesantren dan seklolah diniah. 3) Faktor pendukung dalam implementasi konsep pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih secara umum di kelompokan menjadi dua bagian yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internalnya yaitu kesadaran siswa tersebut dan yang kedua yaitu faktor keluarga. Sedangkan faktor eksternal yaitu sekolah tempat belajar dan lingkungan bermain siswa termasuk masyarakat. Selanjutnya untuk faktor penghambat yaitu fasilitas sekolah dan lingkungan bermain siswa yang tidak terkontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Umi Nadziroh
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:11
Last Modified: 14 Sep 2022 04:11
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6197

Actions (login required)

View Item View Item