Pengaruh Punishment Terhadap Kedisiplinan Belajar Santri Putri Di Pondok Pesantren Darussalam Lirboyo Kota Kediri

Imtihana, Nadia Arinatul (2022) Pengaruh Punishment Terhadap Kedisiplinan Belajar Santri Putri Di Pondok Pesantren Darussalam Lirboyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932130818_PRA BAB.pdf

Download (573kB)
[img] Text
932130818_BAB I.pdf

Download (520kB)
[img] Text
932130818_BAB II.pdf

Download (680kB)
[img] Text
932130818_BAB III.pdf

Download (546kB)
[img] Text
932130818_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text
932130818_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
932130818_BAB VI.pdf

Download (416kB)
[img] Text
932130818_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)
[img] Text
932130818_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (176kB)

Abstract

ABSTRAK Nadia Arinatul Imtihana 2022, Dosen Pembimbing Dewi Agus Triani, M.Pd.I dan Dosen Pembimbing Nila Zaimatus Septiana,M.Pd. : PENGARUH PUNISHMENT TERHADAP TINGKAT KEDISIPLINAN BELAJAR SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM LIRBOYO KEDIRI, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata kunci Punishment, Kedisiplinan Belajar Santri Penelitian ini dilatar belakangi penerapan punishment terhadap santri yang melanggar tata tertib di Pondok Pesantren Darussalam Lirboyo Kediri. Punishment adalah konsekuensi yang tidak menyenagkan yang digunakan untuk melemahkan perilaku menyimpang. Punishment erat kaitannya dengan kedisiplinan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Tingkat Kedisiplinan Belajar Santri Putri Di Pondok Pesantren Darussalam Lirboyo Kediri 2) Pelaksanaan Punishment Di Pondok Pesantren Darussalam Lirboyo Kediri 3) Pengaruh Punishment Terhadap Tingkat Kedisiplinan Belajar Santri Putri di Pondok Pesantren Darussalam Lirboyo Kediri Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi 150 dan memiliki sampel 60 santri. Adapun instrumen pengumpulan data adalah dengan angket. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode penelitian kolerasional yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan dan pengaruh kedua variabel. signifikansi hubungan keduanya (Punishment dan Kedisiplinan Siswa) dapat dilihat melalui uji “t”. Melalui uji t yang telah dilakukan ternyata diperoleh t hitung = 2.735 sedangkan nilai t tabel = 2,00. Oleh karena t hitung (2,735) > t tabel (2,00), hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel Punishment dengan kedisiplinan belajar santri dengan bentuk hubungan linier dan prediktif melalui garis korelasi Y = 29.986 + 0,247 .X, persamaan garis korelasi ini menjelaskan bahwa setiap kenaikan satu satuan punishment (X) mengakibatkan kenaikan kedisiplinan belajar (Y) sebesar 0,247. Hasil penelitian menunjukkan : Tingkat kedisiplinan belajar santri putri di Pondok Pesantren Darussalam Lirboyo Kediri dalam kategori tinggi sebesar 42,55 dan pelaksanaan punishment di Pondok Pesantren Darussalam Lirboyo Kediri dalam kategori tinggi sebesar 50,97. Sedangkan antara variabel punishment (X) dengan variabel kedisiplinan belajar (Y) sebesar 0,338 dengan koefisien determinasi (r2) yang diperoleh dari hasil perhitungan sebesar 0,114 yang memberikan makna bahwa punishment (X) memberikan hubungan sebesar 11,4% terhadap kedisiplinan belajar santri dan 88,6% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadia Arinatul Imtihana
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:02
Last Modified: 12 Sep 2022 08:02
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6147

Actions (login required)

View Item View Item