Pengaruh Adiksi Game Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Di SDN Pakis 2 Mojokerto

Sari, Masfuva (2022) Pengaruh Adiksi Game Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Di SDN Pakis 2 Mojokerto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933419118_Prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933419118_bab1.pdf

Download (456kB)
[img] Text
933419118_bab2.pdf

Download (356kB)
[img] Text
933419118_bab3.pdf

Download (374kB)
[img] Text
933419118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB)
[img] Text
933419118_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
933419118_bab6.pdf

Download (328kB)
[img] Text
933419118_daftarpustaka.pdf

Download (431kB)

Abstract

Adiksi game online pada siswa adalah ketergantungan siswa secara berlebihan yang ingin terus bermain game dan ketidakmampuan siswa mengontrol atau mengendalikan dirinya sehingga berdampak negatif pada dirinya. Salah satunya adalah menurunnya hasil belajar di sekolah. Sebagaimana yang terjadi di SDN Pakis 2 Mojokerto, ada beberapa siswa yang mengalami penurunan hasil belajar pada mata pelajaran matematika karena itu penelitian ini ingin mengetahui pengaruh adiksi game online terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika di SDN Pakis 2 Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel 65 siswa yang berasal dari kelas 4,5, dan 6. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui adanya pengaruh antara variabel adiksi game online terhadap hasil belajar siswa. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa 1) Terjadi adiksi game online pada siswa SDN Pakis 2 tergolong pada kategori sedang. Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai rata-rata sebesar 79,35 yang termasuk pada interval sedang 2) Nilai hasil belajar pada mata pelajaran matematika di SDN Pakis 2 berdasarkan rata-rata diperoleh nilai pengetahuan adalah 72,11. Sedangkan untuk nilai keterampilan sebesar 74,82 dengan kategori baik. 3) Terdapat pengaruh adiksi game online di SDN Pakis 2 sebesar 15,7% dengan pengaruh nilai pengetahuan sebesar 8,8% dan 6,9% pada nilai keterampilan hasil belajar siswa dan sisanya sebesar 84,3% dipengaruhi oleh variabel lain. Artinya bahwa semakin tinggi adiksi game online maka semakin rendah hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SDN Pakis 2, sebaliknya semakin rendah adiksi game online yang terjadi di SDN Pakis 2 semakin tinggi pula hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Masfuva Sari
Date Deposited: 08 Sep 2022 07:27
Last Modified: 08 Sep 2022 07:27
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6056

Actions (login required)

View Item View Item