Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Tematik Tema 7 Subtema 3 Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas 3 Di Mi Nasy’atul Mujahidin

Athesa, Diaz (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Tematik Tema 7 Subtema 3 Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas 3 Di Mi Nasy’atul Mujahidin. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932612618_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932612618_bab1.pdf

Download (197kB)
[img] Text
932612618_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
932612618_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
932612618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932612618_bab5.pdf

Download (97kB)
[img] Text
932612618_daftar_pustaka.pdf

Download (156kB)
[img] Text
932612618_suratpernyataan.pdf

Download (304kB)

Abstract

Lembar Kerja peserta didik (LKPD) merupakan bahan ajar dalam bentuk buku yang disajikan dengan desain dan tampilan yang sederhana, menarik, berisi gambar, dan soal latihan yang dapat digunakan untuk mengedukasi peserta didik. LKPD ini berbasis meningkatkan kreativitas yang berbentuk hard file atau cetak. LKPD ini dikembangkan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik kelas 3 dan disusun untuk membantu kegiatan pembelajaran peserta didik dalam materi tematik tema 3 subtema 3 yaitu “Perkembangan Teknologi Komunikasi” serta membantu pendidik dalam mengembangkan bahah ajar yang lebih inovatif. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji kevalidan oleh ahli materi dan ahli desain, serta menguji pakah ada peningkatan kreativitas untuk peserta didik. Metode penelitian dan pemgembangan yang dilakukan adalah jenis penelitian Research and development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang melalui lima tahap, yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Data yang diolah berbentuk deskriptif kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari angket yang diberikan kepada validator materi, validator desain, angket kreativitas peserta didik, dan angket respon peserta didik sebanyak 23. Sedangkan data kualitatif didapat dari kritik dan saran yang diberikan oleh validator pengguna. Hasil penelitian dan pengemabangan ini mendapatkan penilaian kualisifikasi baik. Berdasarkan hasil validasi, diperoleh nilai dari ahli materi sebesar 88,88% dan ahli desain sebesar 93,33%, dari hasil uji lapangan mendapatkan kualifikasi layak dan dapat digunakan tanpa revisi. Sedangkan presentase respon uji coba kelompok kecil sebesar 94,16% dan uji coba kelompok besar medapatkan presentase sebanyak 100%. Dari penerapan LKPD menunjukkan hasil peningkatan kreativitas belajar peserta didik, dengan presentase sebelum penggunaan dari 63,42% dan setelah penggunaan media menjadi 100% dengan jumlah 23 peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Diaz Athesa
Date Deposited: 08 Sep 2022 07:05
Last Modified: 08 Sep 2022 07:05
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6031

Actions (login required)

View Item View Item